Isi Materi Diklat, Saefudin Ibaratkan Moderasi Beragama dengan Selera Musik 
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 Februari 2024
  • 59x Dilihat
  • Berita

Isi Materi Diklat, Saefudin Ibaratkan Moderasi Beragama dengan Selera Musik 

TAIS (22/2) – BDK Palembang menyelenggarakan sebanyak 2 angkatan PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) di Kabupaten Seluma, yaitu PDWK Inovasi Madrasah Angkatan III dan PDWK Penguatan Moderasi Beragama bagi Tenaga Pendidikan Angkatan I. Salah satu materi dari kedua PDWK tersebut diisi oleh Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. yang bertandang langsung ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma pada Rabu (21/2) lalu.

 

Kepada para peserta, Saefudin bertutur bahwa selain untuk mengisi materi, kedatangannya bertujuan untuk mengecek kondisi para peserta dan panitia. Dan dia mengaku senang dengan antusiasme para peserta.

 

“PDWK ini patut disyukuri, karena pesertanya lebih banyak. Jadi lebih banyak SDM di Seluma ini yang bisa meningkatkan kompetensinya,” ujar Saefudin di hadapan 80 orang peserta pelatihan. “Agar bisa profesional, harus ada peningkatan kompetensi. Setelah diklat, kita harapkan ada peningkatan pada diri bapak dan ibu, dari biasa-biasa saja, menjadi luar biasa.”

 

Lebih lanjut, menurut Saefudin, guru madrasah memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam memajukan bangsa. Peran utama guru madrasah bukanlah membuat semua anak pintar, namun menjaga moral dan akhlak anak-anak didik.

 

Sementara itu terkait moderasi beragama, ia mengatakan jika istilah moderasi bisa melekat pada perbedaan apapun selain agama.

 

“Ketika bicara moderasi, bisa kita pakai (konteks) apapun. Belum tentu semua orang Indonesia suka dangdut. Yang suka dangdut, belum tentu suka Rhoma Irama. Tidak semua orang suka lagunya Rhoma Irama,” Saefudin membuat perumpamaan. “Oleh karena itu, yang suka Rhoma Irama, bisa menikmati sendiri lagu Rhoma Irama tanpa mengganggu yang lain. Yang suka lagu Mansyur S., bisa menikmati lagu Mansyur S. tanpa mengganggu yang lain. Seperti itu pula moderasi dalam beragama, kita bertoleransi, tidak mengganggu orang lain yang berbeda dengan kita,” pungkas Saefudin.

 

“Selamat berdiklat selama 6 hari ini. Insya Allah ada banyak kebaikan yang bisa bapak-ibu dapat,” 

Saefudin menutup materinya, diikuti oleh tepuk tangan peserta.

 

Usai mengisi mata pelatihan Nilai-Nilai Dasar SDM Kemenag di Seluma, Saefudin langsung bertolak menuju Kota Bengkulu. Selain di Seluma, BDK Palembang juga menggelar 2 angkatan PDWK lainnya serta 5 angkatan Orientasi PPPK di Kota Bengkulu (Ed_).