Ka BDK Palembang : Orientasi Ilmu Bukan Hanya Peroleh Sertifikat !!
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 April 2023
  • 146x Dilihat
  • Berita

Ka BDK Palembang : Orientasi Ilmu Bukan Hanya Peroleh Sertifikat !!

PALEMBANG (04/3)-Memberikan pelatihan merupakan tanggung jawab dari Balai Diklat,ilmu dan pengetahuan dapat dibagikan tidak terbatas oleh waktu dan jarak. BDK Palembang kembali melaksanakan secara serentak 5 lima Pelatihan Jarak Jauh yang terdiri dari PJJ Biologi MA, PJJ B. Inggris MTs, PJJ KTI  Bagi Guru Angk.1, PJJ KUB bagi Guru Angkatan II dan III yang diikuti oleh ASN diwilayah Kemenag Provinsi Sumsel, Provinsi Kep. BABEL, dan Provisi Bengkulu. 


Pembukaan PJJ diawali dengan laporan ketua Panitia yang diwakili oleh Mursidah, S.Ag., M.M. , dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan Pelatihan akan berlangsung dari tanggal 03-08 April 2023 dengan pengajar yang berjumlah 13 orang. 


“Pelaksanaan  5 (lima) pelatihan ini akan berlangsung dari tanggal 03-08 April 2023 yang  diampuh oleh Widyaiswara/Narasumber yang berjumlah 13 orang yang berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, BDK Palembang, UIN Raden Fatah Palembang, BPMPSDM, BDK Makasar dan BDK Bandung.” 


Dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan sekaligus membuka pelatihan jarak jauh oleh Dr. Saefudin, S.Ag., M.Si Kepala BDK Palembang, dalam sambutannya beliau menyampaikan kembali terkait tujuan pelatihan yaitu agar setiap peserta dapat memahami fungsi dari masing-masing jabatan. 


“Sebagai tujuan dari pelatihan diantaranya agar setiap peserta dapat memahami fungsi dari masing-masing jabatan, melalui PJJ yang telah dibangun oleh BDK Palembang dapat membantu peserta untuk mengupgrade ilmunya. Sistem pelatihan pada BDK Palembang terbagi menjadi dua yaitu pelatihan secara langsung dan jarak jauh, pelatihan secara langsung berupa pelatihan reguler dan pelatihan diwilayah kerja. Untuk Pelatihan yang sedang kita laksanakan adalah pelatihan jarak jauh”Ujarnya 


Beliau menyampaikan bahwa kelima pelatihan ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan ASN Kemenag, yang hampir merangkum seluruh hasil Rapat koordinasi dengan pimpinan dalam satuan kerja diwilayah BDK Palembang. 


“Bapak/Ibu guru yang saya hormati, kelima pelatihan berupaya agar dapat mengakomodir hasil rapat koordinasi pimpinan dalam satuan kerja diwilayah BDK Palembang.”Ujarnya. 


BDK palembang telah menyiapkan Widyasiswara/Narasumber yang ahli pada bidangnya, sehingga diharapkan dapat membantu para guru untuk meng-upgrade ilmunya sesuai bidang masing-masing. 


“Bapak/ibu  Guru sekalian sungguh beruntung dan bersyukur karena terpilih sebagai peserta PJJ pada kesempatan ini, karena sangat penting bagi kita untuk meng-upgrade kompetensi yang dimiliki. Sebab kita tidak bisa hanya mengandalkan kualifikasi pendidikan namun tidak mengupgrade dengan jalur pelatihan seperti ini. Oleh karenanya, BDK Palembang telah menyiapkan Widyasiwara/Narasumber yang ahli dibidangnya“ 


Kepala BDK Palembang juga menekankan bahwa output dari pelatihan ini adalah mencetak alumni pelatihan yang dapat melahirkan guru profesional sehingga nantinya melahirkan siswa yang tidak hanya pintar namun berakhlak, beretika dan bertata krama.

“Guru dituntut untuk menjadi guru yang profesional, maka dari itu tujuan dari pelatihan ini adalah mencetak alumni pelatihan (guru) yang tidah hanya mampu mendorong anak pintar namun dapat mendorong murid menjadi pintar, berahklak, beretika dan bertata krama.”

Menutup sambutannya beliau mengingatkan agar peserta tidak hanya beriorintasi untuk mendapatkan sertifikat namun untuk mendapatkan ilmu yang dapat berguna bagi lingkungan sekitar. 


“Silahkan bapak/ibu peserta dapat mempertajam pengetahuan yang disampaikan narasumber dengan diskusi dan dialog. Penting bagi kita dalam mengikuti pelatihan tidak hanya berorientasi Sertifikat namun mendapatkan ilmu yang dapat dimanfaatkan disatuan kerja dan dapat disampaikan kepada siswa didik”