Kaban Suyitno : Pondok Pesantren Tetaplah
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 17 Juni 2023
  • 152x Dilihat
  • Berita

Kaban Suyitno : Pondok Pesantren Tetaplah "On The Track" 

Palembang (17/06) Setelah seluruh rangkaian Pelatihan Kemandirian Pondok Pesantren yang serentak dilaksanakan pada Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Balai Diklat keagamaan Semarang sejak tanggal 12 s.d 17 Juni 2023. 



Pada hari ini telahs ampai pada penutupan pelatihan (17/06), dimana yang menutup pelatihan adalah Prof.Dr. H.Suyitno,M.Ag (Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI) dan turut hadir Dr. H.Saefudin,S.Ag,M.Si (Kepala BDK Palembang), Iwan Sugianto,S.Kom.,M.Pdi. (Plh. Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang), Drs. Win Hartan, M.Pdi. (Kahid Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel) beserta seluruh Panitia dan peserta Pelatihan Kemandirian Pondok Pesantren AngKatan 27 s.d 29.


Tidak lupa juga hadir dalam zoom meeting H. Efa Ainul Falah,M.A, (Kepala Gugus Tugas Kemandirian Pesantren), Dr. H.Muchammad Toha,S.Ag (Kepala BDK Semarang),seluruh Panitia dan peserta Angkatan 23 s.d 26.


Kegiatan penutupan diawali dengan laporan ketua gugus kemandirian pesantren H. Efa Ainul Falah,M.A. beliau menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan saranan dan prasarana dari Kepala BDK Palembang dan Kepala BDK Semarang sehingga terlaksankaan kegiatan ini.



Selanjutnya disampaikan kesan dan pesan dari perwakilan dari peserta, dalam penyampaian pesan dan kesannya peserta mengucapkan rasa terimakasihnya karena dapat mengikuti pelatihan kemandirian pesantren. Dalam pelaksanaan pelatihan peserta banyak mendapatkan ilmu terutama tentang kewirausahaan pesantren.



Diakhir kegiatan disampaikan arahan sekaligus penutup kegiatan secara resmi oleh Prof.Dr. H.Suyitno,M.Ag (Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag).


Dalam arahannya beliau menyampaikan "Pondok pesantren jika diibaratkan kereta api, maka pondok pesantren tetaplan jalan "On The Track" kalau dalam bahasa keuangan "On The Role". Ujarnya



"Kenapa dikatakan demikian karena dalam pengelolaan kegiatan pesantren 

jika dilaksanakan" On The role/On The Track" tentunya akan semakin kuat dan mencapai tujuan bersama"


Tentunya pelatihan ini menjadikan wujud kehadiran negara dan kepedulian negara terhadap keberlangsungan pesantren.


"Jadi Kiyai dan Nyai, Pelatihan ini selain sebakal pembekalan kompetensi juga diberikan pembekalan dan penguatan terkait regulasi-regulasi pelaksanaan pesantren sebagai contoh lahirnya UUD Nomor 18 Tahun 2019 yang mengatur Tentang Pesantren" tambahnya.


Keguatan ditutup dengan doa bersama yang disampaikan oleh perwakilan Peserta pelatihan yang berada di palembang