Kaban Suyitno:
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 26 Mei 2023
  • 129x Dilihat
  • Berita

Kaban Suyitno: "The Real Kurikulum Is Teacher"

Palembang (26/2), "Kenapa perlu Berbasis Komunitas pada Implementasi Kurikulum Merdeka?" Tanya Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag kepada peserta saat memberikan materi Desain Pelatihan IKM BK di Kota Palembang. 


Didampingi Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si dan Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang Mukmin, S.H.I, M.Sy, Suyitno menjelaskan saat ini kita sedang melakukan inovasi. "Tantangan sekarang ini sangat kompleks. Harus meningkatkan Sumber Daya Manusia, harus ada Before and After. Bagaimana supaya bapak ibu mendapatkan ilmu yg berkelanjutan dan ini merupakan tugas BDK Palembang" tuturnya. 


"Di dalam pendidikan ada ekosistem, jamu (jaminan mutu) pendidikan. Proses pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab guru melainkan perlu kontrol oleh pengawas, Kepala Madrasah, Kasi Penmad, juga dosen. Ini adalah ekosistem yang tergabung dalam komunitas yaitu 36 peserta pelatihan IKM BK ini" jelasnya. 


Secara umum substansi IKM BK ada dua yaitu Substansi pembentukan karakter dan Substansi Project Based Learning. Guru diberikan kebebasan dan keluasan kepada siswa. 


"The Real Kurikulum Is Teacher". Guru merupakan pemeran utama dalam pendidikan. Memiliki kemerdekaan yg luas untuk mengimplementasikan kurikulum dengan berbasis lokal sistem, dapat melihat talent anak didik, memberikan kemerdekaan kepada peserta didik karena tantangan pendidikan untuk generasi Z ini sudah berbeda penerapannya" pesan Suyitno. 


Pelatihan IKM BK ini diikuti oleh 36 orang peserta yang berasal dari Kankemenag Kota Palembang, yang dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 22 s.d 27 Mei 2023 di MTs Negeri 2 Kota Palembang.