Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. Tutup Empat Angkatan Pelatihan Reguler
  • 18 Juni 2022
  • 259x Dilihat
  • Berita

Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. Tutup Empat Angkatan Pelatihan Reguler

PALEMBANG (18/6) - Pada Sabtu (18/6), sebanyak 4 angkatan pelatihan reguler di BDK Palembang, antara lain Pelatihan PAI SMP, Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Angkatan II dan III, serta Pelatihan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Angkatan III resmi ditutup. Penutupan berlangsung di Aula BDK Palembang, yang dipimpin langsung oleh Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. yang telah mulai bertugas di BDK Palembang.

Dalam penutupan tersebut, Saefudin turut menyampaikan beberapa nasihat dan pesan bagi para alumni pelatihan yang semuanya berlatar belakang guru. Menurutnya, guru memiliki tugas dan tanggungjawab yang berat dalam membentuk karakter anak didik yang baik.

Lebih lanjut, Saefudin mengatakan jika penyelenggaran pelatihan di BDK Palembang merupakan bentuk keseriusan negara untuk hadir mengiringi langkah guru dalam membentuk karakter anak bangsa.

“Anak-anak (didik) sekarang, dalam semua tingkatan, tantangannya lebih besar, terutama bagi bapak dan ibu pendidik sekalian,” tukas Saefudin. Menurutnya, anak-anak didik dapat “berguru” kepada siapapun, termasuk ponsel dan internet.

“Lompatan berpikir mereka kini lebih jauh karena perkembangan informasi yang mereka terima menjadi jauh lebih cepat. Disitulah pentingnya digitalisasi pendidikan. Kita harus mengimbangi kecepatan tersebut,” pungkas Saefudin.

Selain itu, Saefudin berharap semua guru yang menjadi peserta pelatihan dapat membawa pesan perdamaian dan moderasi beragama ke anak didik di lingkungan tugasnya masing-masing.

“Anak-anak kita harus menjadi pribadi yang tasamuh, harus bisa menerima perbedaan. Tanamkan kepada semua anak didik kita agar dapat menerima perbedaa tersebut,” demikian tutur Saefudin.

Sebanyak total 140 orang peserta dari keempat pelatihan dinyatakan lulus dalam laporan ketua yang dibacakan Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang, Mukmin, S.H.I., M.Sy. Penutupan diakhiri dengan sesi berfoto bersama antara para staf BDK Palembang, panitia dan para alumni pelatihan.