Kepala Pusdatin: Transformasi Digital harus memiliki Civil Effect
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 15 Desember 2022
  • 385x Dilihat
  • Berita

Kepala Pusdatin: Transformasi Digital harus memiliki Civil Effect

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek, Dr. Muhammad Hasan Chabibie, ST., M.Si., ditengah kesibukannya menyempatkan diri untuk menyapa para peserta Knowledge Sharing Inovasi Pembelajaran dan Pelatihan di Kampus Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Kamis, 15 Desember 2022. 


Didampingi Kepala Pusdiklat Teknis Dr. Mastuki, MA., Kapusdatin menyampaikan beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan tiap lembaga untuk melakukan transformasi digital dengan efektif. Hal-hal tersebut adalah SDM yang memiliki skill yang mumpuni, keberadaaan infrastruktur yang memadai, penguasaan aplikasi dan pengembangan konten yang baik, serta tata kelola yang benar yaitu adanya good will dari para pimpinan. 


“Saat ini tranformasi digital sudah makin unevitable (tak terhindarkan). Ide-ide harus dimutakhirkan, seperti halnya teknologi yang semakin berkembang”, tegas Hasan. Hal yang lebih penting lagi menurutnya adalah, transformasi digital yang ada haruslah memiliki “civil effect”, yaitu bagaimana kemajuan teknologi memiliki dampak yang masif terhadap kehidupan masyarakat. Ada 4,2 juta guru di Indonesia, jika dilakukan transformasi digital di bidang pendidikan misalnya diharapkan akan ada kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran kita. (tna)