Kepala Pusdiklat: Keterbatasan Mendorong Kreativitas
  • 20 April 2021
  • 315x Dilihat
  • Berita

Kepala Pusdiklat: Keterbatasan Mendorong Kreativitas

Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang kembali menggelar pelatihan reguler untuk ASN di lingkungan Kemenag. Kali ini, BDK Palembang menyelenggarakan Diklat Penyuluh Agama Islam non-PNS Angkatan I dan Angkatan II.

Salah satu pengisi materi dalam diklat tersebut adalah Dr. Imam Safe’i, M.Pd., Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Imam bertolak dari kantor Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan ke BDK Palembang untuk menyampaikan pembinaan bertajuk “Sistem Pelatihan dan Nilai SDM Kementerian Agama” kepada semua peserta diklat yang hadir di kampus BDK Palembang.

Materi pembinaannya tersebut mengedepankan nilai-nilai dalam membangun SDM yang Profesional dan Andal di lingkungan Kementerian Agama. Dalam wawancaranya dengan tim BDK TV, Imam berpesan kepada ASN kemenag agar tidak berhenti belajar di sepanjang hidup, terlepas dari jabatan dan latar belakang pendidikan apapun yang mereka sandang.

Lebih lanjut, Imam juga menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta diklat. Ia menyatakan dukungannya kepada para tenaga penyuluh untuk mengembangkan diri dan potensi masing-masing dengan cara mengikuti diklat-diklat yang dilaksanakan oleh BDK Palembang.

Imam mengatakan jika kendala dalam pengembangan diri melalui diklat adalah keterbatasan jumlah diklat yang diselenggarakan, sehingga tidak banyak kesempatan bagi para penyuluh untuk mengikuti diklat sepanjang tahunnya.

Imam percaya jika semua orang memiliki potensi yang bisa digali di dalam diri masing-masing, dan setiap orang membutuhkan durasi yang berbeda untuk menggali potensinya tersebut.

Menurutnya, agar seorang ASN dapat sukses dalam apapun yang dikerjakannya, ia harus bersedia untuk repot, sehingga saat orang lain sudah selesai bekerja, ia dapat terus melakukan hal lain yang lebih baik lagi. Ia percaya jika himpitan dan keterbatasan dapat mendorong seseorang berpikir kreatif.

Kedua diklat yang tengah diselenggarakan BDK saat ini rencananya akan digelar hingga Sabtu, 24 April mendatang di lingkungan kampus BDK Palembang.