Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Supervisor
Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Supervisor
By. Dr. Weldan Firnando Smith,S.Pd.,M.AP
Abstract
Dalam praktik kepemimpinan sering dijumpai orang yang sangat berpengaruh dalam suatu organisasi dan ia tercantum secara resmi dalam organisasi tersebut sebagai pejabat, maka ia mendapat kewenangan. Orang seperti ini dikenal dengan sebutan pemimpin formal, yaitu mereka yang secara langsung diangkat dan dipilih oleh pejabat yang berwenang Supervisor bertugas member bimbingan dan penyuluhan (guidance an couselling), guna kemajuan sekolah. Oleh karena itu, yang bertugas menjadi supervisor harus bersifat lapang dada atau bijak dalam menerima berbagai saran dan kritik dari semua pihak agar setiap pengambilan keputusan menghasilkan sesuatu yang terbaik bagin kemajuan sekolah.
Kata Kunci : Kepala sekolah, pemimpin dan supervisor
A. Pendahuluan
Membicarakan kepemimpinan dapat dimulai dari berbagai aspek dan kepemimpinan dibutuhkan oleh manusia karena adanya kelebihan dan kekurangan sudut pandang yang bebeda, dan setiap sudut pandang dapat menentukan pendekatan yang akan melahirkan pengertian yang berbeda dengan pendekatan lainnya. Hal ini berarti bahwa ada manusia yang memiliki kemampuan untuk memimpin, tetapi ada pula manusia yang tidak memiliki kemampuan untuk memimpin. Pemimpin adalah seorang yang memiliki kecakapan tertentu yang dapat memengaruhi para pengikutnya untuk melakukan kerja sama ke arah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, jelas bahwa pemimpin harus memiliki berbagai kelebihan, kecakapan dibandingkan dengan anggota lainnya. Dengan kelebihan yang dimilikinya, pemimpin dapat memiliki kewibawaaan sehingga dipatuhi oleh para pengikutnya. Kelebihan tersebut beragam, diantaranya ialah kelebihan moral, semangat kerja, keterampilan, kecerdasan, keuletan, dan sebagainya (turmudi, 2003:25).