Kerja dari Rumah Semasa PPKM? Ikuti Tips Ini Agar Tetap Bugar!

Kerja dari Rumah Semasa PPKM? Ikuti Tips Ini Agar Tetap Bugar!

Pemberlakuan PPKM Darurat memaksa masyarakat Indonesia di berbagai wilayah Indonesia untuk kembali bekerja dari rumah alias WFH.

Walaupun bekerja dari rumah, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas-aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga bisa tetap produktif dalam bekerja. Berikut tips buat Anda yang WFH:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Teratur

Perhatikan gizi makanan. Jangan asal makan dan kenyang. Pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Siapkan buah sebagai camilan apabila Anda merasa lapar di tengah-tengah pekerjaan yang sedang dilakukan.

2. Berolahraga

Sempatkan 30 menit atau lebih setiap hari untuk melakukan olahraga ketika bekerja dari rumah. Tujuannya adalah agar tubuh Anda bergerak lebih lepas, karena ketika jam bekerja, besar kemungkinan gerakan yang dilakukan hanya duduk dan tidur.

3. Duduk dengan Posisi yang Benar

Pastikan duduk dengan posisi yang benar dengan menggunakan kursi. Hindari posisi tengkurap maupun berbaring selama bekerja, walaupun lebih nyaman, posisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit punggung, leher, atau bahu. Selalu ambil posisi berdiri untuk istirahat setidaknya 1 jam satu kali.

4. Bersosialisasi Secara Online

Manusia adalah makhluk sosial dan di dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat. Bagi banyak orang, sosialisasi memegang peranan penting untuk membentuk jiwa yang kuat. Tetaplah luangkan waktu untuk bersosialisasi secara online baik dengan rekan kerja kantor maupun dengan keluarga dan teman-teman yang lain.

Dengan demikian, Anda sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan mental sendiri. Semoga berguna dan selamat WFH. Bersama kita bisa menghilangkan COVID-19.