Kerja Tim membantu Pelaksanaan Tugas lebih Mudah
  • BDK Palembang
  • 28 Desember 2022
  • 191x Dilihat
  • Berita

Kerja Tim membantu Pelaksanaan Tugas lebih Mudah

PALEMBANG (28/12) – BDK Palembang mengadakan Sosialisasi PMA No.11 Tahun 2022. Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh pegawai BDK Palembang tersebut berlangsung pada Rabu (28/12) di ruang rapat BDK Palembang. Adapun narasumbernya, yaitu Hasyim Khumaedi, S.Kom. menyampaikan materinya via Zoom, disimak oleh segenap pegawai BDK Palembang. Hasyim merupakan Analis Sumber Daya Aparatur Ahli Muda di Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian Agama. 


Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si. berharap sosialisasi tersebut memberi pencerahan kepada pegawai-pegawai BDK Palembang. “Kami berharap untuk kedepannya kita ‘berjodoh’, Pak Hasyim bisa bertemu langsung di BDK Palembang, agar dapat membimbing, mendampingi langsung BDK Palembang (dalam penerapan KMA 1179),” ujar Saefudin kepada Hasyim via Zoom. 


Hasyim mengatakan bahwa satker Kemenag telah mengalami 3 tahap penyederhanaan birokrasi, yaitu transformasi struktural, transformasi jabatan dan transformasi sistem. “Hanya ada Kepala dan Kasubbag TU pada penyederhanaan struktur/jabatan di Seluruh UPT Kemenag. Prinsip Penugasannya diberikan oleh pejabat pimpinan kinerja unit organisasi (Kepala/ kasubbag TU) dengan mengutamakan skill, profesionalisme dan kolaborasi. 


Penyederhanaan birokrasi ini adalah instruksi presiden dan salah satu program prioritas presiden yang kemudian diimplementasikan dalam Permenpan-RB No. 17 tentang Penyederhanaan Jabatan. Dengan dasar hukum KMA 1179 / 2022 tentang Sistem Kerja Konsep Dasar Penugasan Jabatan Fungsional dan Pelaksana, yaitu dapat dilakukan secara individu/tim; dapat bersifat lintas organisasi kementerian; flexible, changeable, moveable;  berdasarkan kompetensi dan kinerja organisasi; serta mengutamakan akuntabilitas dan kinerja organisasi. 


Pria kelahiran Indramayu ini menambahkan tahun 2023 mendatang, penyederhanaan birokrasi sudah harus dilaksanakan. “Intinya nanti tahun depan itu kita sudah mulai melakukan sistem kerja baru, Bapak/Ibu bisa melihat pedomannya KMA 1179,” ujar Hasyim. 


Pada penutupan sosialisai, Saefudin mengatakan pendelegasian tugas kepada individu maupun tim. “Tim itu harus bisa merencanakan, melaksanakan, bersinergi dengan capaian kinerja yang ingin kita capai. Tidak semua pekerjaan nanti akan bertumpuk pada Kasubbag TU,  karena semua tim nanti akan membantu kita dalam pelaksanaan tugas. Insya Allah akan terlaksana dengan baik. Tahun anggaran yang baru, semangat yang baru, struktur yang baru, cinta yang baru,” ujarnya. (fby)