KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TES HASIL BELAJAR
  • 23 Juni 2020
  • 17204x Dilihat
  • Artikel

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TES HASIL BELAJAR

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TES HASIL BELAJAR

By. Weldan Firnando Smith, S.Pd.,M.AP

Widyaiswara Ahli Madya

 

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk menemukan: (1) Keunggulan  pada bentuk tes uraian dan tes objektif, (2) Kelemahan pada bentuk tes uraian dan tes objektif . Hasil Tulisan ini menunjukkan bahwa: 1) Tes objektif tepat digunakan untuk mengukur proses berfikir rendah sampai dengan sedang (ingatan, pemahaman, dan penerapan). 2)Dengan menggunakan tes objektif, maka semua atau sebagian besar materi yang telah diajarkan dapat ditanyakan saat diuji. Kelemahan Tes Objektif 1) Butir soal yang diujikan kepada siswa atau mahasiswa kebanyakan hanya mengukur proses berfikir rendah, walaupun tujuan pembelajaran yang akan diukur sebenarnya lebih tinggi dari sekedar ingatan atau pemahaman. 2) Membuat pertanyaan tes objektif yang baik lebih sukar daripada membuat pertanyaan tes uraian.

Kata kunci: Keunggulan , Kelamahan , Tes hasil Belajar

 

Pendahuluan

Bentuk tes objektif dan bentuk tes uraian masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Bentuk tes uraian, memberikan kebebasan kepada setiap penempuh tes untuk mengekspresikan daya nalarnya, sehingga jawaban yang diberikan oleh setiap penempuh tes akan menunjukkan kemampuan berpikir secara kompleks. Namun demikian ada beberapa kelemahan bentuk tes uraian. Bentuk tes uraian dalam memberikan skor membutuhkan waktu yang lama dan relatif lebih sulit, sehingga bentuk uraian sulit digunakan untuk tes-tes yang berskala besar. Di samping itu, penskoran bentuk tes uraian bersifat subjektif dan harus dilakukan oleh ahli atau yang berwenang sehingga tidak dapat dilakukan komputerisasi dalam pensekoranya. Berbeda dengan bentuk tes uraian, bentuk tes objektif lebih 

Versi Lengkap Download Disini : /upload/files/Jurnal.%20Weldan%20FS.pdf