Klasikal Orientasi PPPK Dilaksanakan Serentak 12 September 2023
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 1 September 2023
  • 4098x Dilihat
  • Berita

Klasikal Orientasi PPPK Dilaksanakan Serentak 12 September 2023

PALEMBANG (1/9) – Setelah Menerima SK pada tenggal 15 Agustus 2023 dan memulai MOOC pada tanggal 21 Agustus 2023 lalu, seluruh PPPK Kementerian Agama akan mengikuti proses Orientasi PPPK klasikal secara serentak di seluruh Indonesia pada 12 September 2023 mendatang. Pembukaan Orientasi PPPK gelombang pertama yang jatuh pada hari Selasa tersebut akan dibuka oleh Menteri Agama K.H. Yaqut Cholil Qoumas. 

 

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Orientasi PPPK secara klasikal ini, Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si mengadakan Rapat Persiapan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023 Kementerian Agama. Saefudin didampingi oleh Kasubbag  Tata Usaha H. Mukmin, S.H.I, M.Sy., Koordinator Widyaiswara Drs. Rudi Hermawan, M.Pd., dan Ketua Tim Kerja Diklat Teknis Tenaga Admisnistrasi Mona Arida Oktaria, S.I.P. Rapat tersebut dihadiri segenap staf pegawai dan Widyaiswara Diklat Teknis Tenaga Administrasi BDK Palembang. 

 

Saefudin mengingatkan kepada seluruh pegawai yang nantinya akan terlibat dalam kepanitiaan bahwa tugas sebagai panitia ini adalah tugas tambahan, tugas utama adalah tugas yang berdasarkan jabatan JFT/JFU.  

 

“Dalam kepanitiaan nanti, semua harus kerja satu tim. Ketua, sekretaris dan anggota dengan tugas sesuai jobdesc masing-masing,” ujar fans Rhoma Irama ini. 

 

Dalam sesi paparannya, Mona kemudian menyampaikan jumlah peserta PPPK di wilayah kerja BDK Palembang adalah sebanyak 1743 peserta. Komposisi peserta tersebut antara lain: Provinsi Sumatera Selatan dari Kanwil Kemenag Sumsel sebanyak 818 peserta dan UIN Raden Fatah sebanyak 51 peserta;  Provinsi Bengkulu dari Kanwil Kemenag Bengkulu sebanyak 692 peserta, UIN FAS Bengkulu sebanyak 13 peserta dan IAIN Curup 8 peserta; serta Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Kanwil Kemenag Babel sebanyak 153 peserta dan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq sebanyak 8 peserta. 

 

“Orientasi PPPK secara klasikal ini akan di bagi menjadi 11 gelombang dengan total 45 angkatan, dimulai dari tanggal 12 September 2023 dan berakhir di tanggal 23 November 2023,” imbuh Mona. Sebanyak 23 Angkatan Orientasi PPPK akan dilangsungkan secara on campus di BDK Palembang, sementara sisa 22 Angkatan lainnya akan dilaksanakan dalam format PDWK di Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. 

 

Dasar Hukum Pelaksanan Orientasi PPPK adalah PerLAN No. 15 tahun 2020 tentang pengembangan Kompetensi PPPK, KepkaLAN No. 289 Tahun 2022 tentang Pedoman orientasi PPPK, Keputusan Kepala Badan Litbang dan DIklat Kementerian Agama Nomor 111 Tahun 2023 Tentang JUknis orientasi PPPK Pada Kementerian Agama.(fby)