Kolaborasi Agustina dan Sri Hendiyani dalam Materi Video Production
  • 8 Juni 2022
  • 184x Dilihat
  • Berita

Kolaborasi Agustina dan Sri Hendiyani dalam Materi Video Production

Dalam pelatihan Goverment Digital Talent Academy (GTA) yang dilaksanakan oleh Balitbang Kementerian Kominfo dan Kementerian Agama, Dr. Agustina, M.Pd, widyaiswara BDK Palembang dan dan Sri Hendriyani, S.Si, MM. hadir memberikan materi pada kelas Video Production selama 5 hari,  mulai dari tanggal 6 s.d 10 Juni 2022 berjalan dengan lancar. Kedua narasumber tersebut berkolaborasi menyampaikan materi yang sangat bermanfaat untuk peserta.

Materi yang mereka sampaikan berkaitan dengan dasar pengenalan produksi video, mulai dari jenis konten, hal-hal yang dibutuhkan untuk video production, content creator, serta skill dasar yang diperlukan content creator yang mencakup ide, shooting, video editing dan sosial media. Mereka menambahkan, jenis pergerakan kamera juga sangat penting dalam pengambilan video. Harus melihat posisi atau komposisi dan pergerakan kamera, shot dan angle. Mereka juga mengenalkan type shot/angle dan juga shot size yang banyak sekali macamnya seperti extreme long shot, long shot, medium long shot, close up, big close up dan sebagainya. Video pendek, berbeda dengan film, tidak harus menggunakan semua shot size

Narasumber juga menjelaskan tahap-tahap pembuatan konten video, mulai dari membuat perencanaan produksi konten video, ide konten, menyiapkan naskah (Script), storyboard dan content planning template. Video content creator perlu mengenal spesifikasi audiens untuk bisa membuat konten yang tepat dan relevan. Script, Storyboard, dan Content Planning Template akan menghemat waktu saat fase shooting maupun editing, dan meningkatkan kualitas video.

Materi terakhir yang diberikan yaitu produksi konten video, disini kita melakukan persiapan dan menginstal perangkat serta aplikasi untuk produksi konten video, seperti mempersiapkan setting video baik lokasi, pemain, peralatan, wardrobe dan lain-lain. Kita juga diharapkan mampu mengoperasikan kamera smartphone untuk mengambil video dengan teknik yang baik mulai dari penempatan kamera, pencahayaan dan modifikasi objek. Dengan pembekalan ilmu ini, semua peserta pelatihan siap membuat konten video yang baik.