Latih Fokus dan Kerjasama Peserta Latsar Lewat Games Bersama
  • 18 Oktober 2021
  • 346x Dilihat
  • Berita

Latih Fokus dan Kerjasama Peserta Latsar Lewat Games Bersama

PALEMBANG (21/10) - Setelah sebelumnya klasikal Gelombang I Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kemenag selesai, Latsar kembali dilanjutkan untuk Gelombang II yang terdiri dari 5 angkatan (Angkatan VI-X) di Asrama Haji pada tanggal 21 - 26 Oktober.

Kegiatan klasikal atau tatap muka merupakan tahap ketiga dari Latsar di setiap gelombang yang direncanakan berlangsung selama 6 hari. Tahap pertama, yaitu pembelajaran synchronous dan asynchronous yang dilakukan secara remote selama 22 hari telah berlangsung pada Agustus lalu, disusul dengan tahap kedua habituasi di satuan kerja masing-masing selama 30 hari setelahnya.

Setelah menerima arahan dari panitia, para peserta Latsar dipersilahkan untuk memasuki ruang kelas masing-masing guna mengikuti pembelajaran selanjutnya. Mukmin, S.H.I., M.Sy., salah satu widyaiswara BDK Palembang berkesempatan menjadi pengajar materi pertama di Angkatan VI. Di kelasnya, ia mengurai ketegangan peserta dengan ice breaking. Materi pembuka berupa permainan bertujuan untuk melatih fokus, konsentrasi serta kekompakkan peserta Latsar.

Games memang bagian tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pelatihan di BDK Palembang. Bagi peserta Latsar, games memiliki peran efektif sebagai pencair suasana dan juga media pengakraban diri antar sesama peserta satu angkatan. Para peserta terlihat sangat antusias serta tertawa gembira mengikuti serangkaian permainan games yang diisi oleh tenaga pengajar.