LINGKUNGAN SERBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
  • 23 Januari 2020
  • 661x Dilihat
  • Artikel

LINGKUNGAN SERBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

LINGKUNGAN SERBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

DISAMPAIKAN

OLEH: BASUKI

WIDYAISWARA BDK PALEMBANG

A. PENDAHULUAN

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Salah satu prinsip profesionalitas guru adalah memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru meliputi empat aspek, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Kompetensi guru harus terus ditingkatkan untuk merespon kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan nasional salah satu pilarnya adalah kualitas guru sebagai ujung tombak pendidikan. Kualitas guru akan menentukan kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya berpengaruh pada kualitas hasil belajar.

Dalam pembelajaran kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar sangatlah penting. Diantara sumber belajar yang dapat dimanfaatkan adalah teman sesama guru di sekolah sendiri maupun sekolah lain, masyarakat, keluarga, lingkungan sekolah dan rumah sekolah. Oleh karenanya, seorang guru dituntut mampu mengenal dan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia disekitar siswa dan untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Salah satu penguasaan kompetensi yang harus ditingkatkan oleh guru adalah dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran.

Download Versi Lengkap disini /upload/files/web%20dari%20Basuki%281%29.pdf