Literasi Digital Menciptakan ASN Makin Cakap Digital
  • BDK Palembang
  • 28 November 2022
  • 961x Dilihat
  • Berita

Literasi Digital Menciptakan ASN Makin Cakap Digital


Training of Trainer (ToT) Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Tema "ASN makin Cakap Digital" hari ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar Ali, S.Ag, M.Ag secara Online. Pelaksanaan ToT berlangsung dari tanggal 27 s.d 30 November 2022 di Hotel Santika Premiere ICE BSD, tangerang. ToT ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari Kementerian Agama RI, untuk Balai Diklat Keagamaan Palembang diikuti Oleh Nyimas HIkmah Susanti, Iwan Sugianto, dan Yeni Lesmana Dewi.


Pembukaan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, mendengarkan video arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo tentang Gerakan Literasi Digital Nasional, mendengarkan video arahan Menteri Komunikasi Informatika tentang Gerakan Literasi Digital Nasional Johnny G, Laporan Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pemerintah Niki Maradona, dilanjutkan dengan Sambutan Direktur Pemberdayaan Informatika Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto, M.Eng, sambutan dan pembukaan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. Nizar Ali, S.Ag, M.Ag. 


Nizar Ali dalam sambutannya menyatakan penerapan literasi digital diperlukan untuk menuju masyarakat yang jauh lebih baik dalam penggunaan teknologi dan menciptakan literasi digital yang positif bukan negatif, menggunakan kecakapan literasi digital dengan cerdas, cepat dan tepat. 


Tantangan diruang digital semakin besar, hoax, penipuan, perjudian online, exploitasi anak, radikalisme, isu-isu sekarang ini, ujaran kebencian semua ini perlu diwaspadai karena mengancam kenyamanan negara. Sekjen berpesan pandailah bersikap dimedia sosial "Biasakan Saring sebelum Sharing" ungkapnya.