M. Abduh Ajak Tingkatkan
  • 7 April 2022
  • 227x Dilihat
  • Berita

M. Abduh Ajak Tingkatkan "Deposito" Amal di Bulan Ramadan

PALEMBANG (7/4) - Sebagaimana yang dijadwalkan sejak awal Ramadhan, BDK Palembang kembali menggelar tausiah Ramadan oleh widyaiswara. Dalam siaran tausiah yang ditayangkan secara langsung via YouTube BDK TV tersebut, Muhammad Abduh, M.Pd.I, widyaiswara teknis keagamaan BDK Palembang menyampaikan ceramah dengan tema "Memanfaatkan Waktu pada Bulan Ramadan."

Abduh mengajak para pendengar ceramahnya untuk bersyukur karena telah dipertemukan dengan Bulan Ramadan tahun ini.

"Imam Al-Ghazali pernah mengatakan bahwa penduduk penghuni (alam) kubur pada saat ini sangat menginginkan dikembalikan ke dunia. Untuk apa? Tentu saja untuk memperbaiki iman dan amal soleh mereka," pungkas Abduh. Ia mengatakan jika kehadiran Ramadan merupakan anugrah terbesar yang Allah berikan.

Abduh juga menyampaikan jika Ramadan memberikan fasilitas-fasilitas yang luar biasa bagi umat muslim, yaitu fasilitas penambahan "deposito" amal dan penyucian dosa.

“Barang siapa berpuasa di Ramadhan karena meyakini bahwa perintah puasa ini adalah perintah Allah, kemudian mengharapkan ganjaran pahala dari Allah, maka dia akan diampunkan dosa2nya yang telah lalu. Siapa yang mendirikan malam lailatul qodar dengan iman dan harapan dari Allah, maka dia akan diampunkan dosanya yang telah lalu," demikian kutipan ceramah Abduh.

Selain memfasilitasi umat muslim dalam memohon ampunan kepada Allah, Abduh juga mengatakan jika  Ramadan adalah peluang bagi umat muslim untuk "naik kelas" menjadi orang bertaqwa. Taqwa adalah sebaik-baik bekal, dan sesuai janji Allah, orang bertaqwa tidak merasa cemas karena kebutuhan dunianya akan dicukupi dan dipermudah oleh Allah Swt.

"Usman bin Affan pernah berkata: ketakutanku pada neraka menjadikan kantukku hilang," Abduh berkata, jika penghayatan akan makna Bulan Ramadan dilakukan, maka dengan izin Allah, ibadah dapat dilakukan dengan lancar.

Tausiah live BDK TV dijadwalkan berlangsung setiap pekan pada hari Selasa dan Kamis di Ruang Multimedia BDK Palembang, pukul 10.00 WIB. Pegawai BDK Palembang dapat menghadiri langsung tausiah ini atau menyimaknya via kanal YouTube BDK TV. Jika terlewat, tayangan tersebut masih tersimpan dan dapat kembali ditonton sewaktu-waktu.