Madrasah Hebat Bermartabat; Pelatihan Reguler Guru Alquran Hadist MTs
  • 17 Maret 2021
  • 356x Dilihat
  • Berita

Madrasah Hebat Bermartabat; Pelatihan Reguler Guru Alquran Hadist MTs

 

PALEMBANG - Pada Senin (15/3) lalu, telah berlangsung pembukaan Pelatihan Reguler yang bertempat di BDK (Balai Diklat Keagamaan) Palembang. Salah satunya adalah Pelatihan Guru Alquran Hadist MTs yang diikuti oleh 35 peserta dari 3 Provinsi di wilayah kerja BDK Palembang, yaitu Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung. Para peserta tersebut adalah guru-guru madrasah yang mewakili wilayah kerja mereka.

Salah satu pemateri yang mengajar dalam Diklat Reguler ini adalah Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, H. Muhammad Ali, S.Ag., M.Pd.I. Ia turut mengisi materi dengan judul “Nilai-Nilai Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Agama".

Kepada para peserta pelatihan, Ali menjelaskan makna dari lambang Kementerian Agama, meliputi semua elemen yang ada di dalam lambang, kalimat, gambar, bentuk dan kelengkapan yang ada pada lambang bertuliskan “Ikhlas Beramal“. Selain itu, ia juga membahas 5 Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan utamanya adalah penataan sistem manajemen SDM yang ada di Kemenag, khususnya guru-guru madrasah akan dapat meningkat. Banyaknya tantangan di abad 21 ini menjadi acuan keberhasilan untuk pendidikan yang lebih efektif.

“Orangtua lebih percaya kepada bimbel daripada madrasah dalam meningkatkan kemampuan anak menjawab soal UN,ujarnya. Menurut Ali, hal tersebut merupakan suatu tantangan yang nyata untuk madrasah. Ia menawarkan solusi dalam materinya terkait tugas dan fungsi di satuan kerja Madrasah, agar peningkatan kerja dan kompetensi SDM di Kementerian Agama semakin berkembang dan berkelanjutan.

Ciri-ciri Madrasah yang bermutu (Hebat Bermartabat) ialah madrasah yang memiliki pembelajaran yang berkualitas, pengajaran yang berkualitas, kepemimpinan yang berkualitas, infrastruktur yang berkualitas serta lingkungan yang berkualitas.