Madrasah Yang Sudah Ikut IKM BK Harus Mampu Menularkan Ilmu Ke Madrasah Lain
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 5 Juni 2023
  • 288x Dilihat
  • Berita

Madrasah Yang Sudah Ikut IKM BK Harus Mampu Menularkan Ilmu Ke Madrasah Lain

Bengkulu, Senin (05/06/2023) BDK Palembang melanjutkan pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Angkatan Kelima kali ini dengan pola Pelatihan Diwilayah Kerja (PDWK) pada Kantor kementerian Agama Kota Bengkulu. 


Bertempat di MAN 1 Kota Bengkulu Pelatihan akan dilaksanakan selama enam hari mulai dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2023.


Pelatihan ini diikuti oleh 6 Komunitas Madrasah yang terpilih dan terdiri dari beberapa unsur mulai dari Kepala Madrasah, Guru, Pengawas, Seksi Penmad dan dosen.


Dalam sambutanya, ketua Panitia Erwan, S.Ag menyampaikan Salam dan permohonan maaf dari Kepala BDK Palembang yang belum bisa membersamai.


“Kepala BDK telah menugaskan tim untuk melaksanakan PDWK Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di Kota Bengkulu, Kami membawa dua orang Widyaiswara dari BDK Palembang, Dr. Lilis Suryani, M.Si dan Elsy Zuriyani, S.Si.,M.Pd didampingi oleh panitia yang lainyya, ada Yevi Grata Putra, S.Kom selaku Akademis, Mba Nyimas Hikma Susanti, S.Sos.,M.Si dan Mba Nanda Kamtari, S.Tr.Ak sebagai anggota panitia” Ucap Erwan


Dalam Laporannya Erwan juga menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas yang sedang dilaksanakan ini merupakan kelanjutan dari semua tahapan pelatihan. 


“Dimulai dari On The Job Training I (OJT I) yaitu MOOC (Massive Online Open Course) semua peserta wajib untuk mengikuti MOOC selama 40 jam pelajaran dan sudah dinyatakan lulus dengan mendapatkan sertifikat MOOC kemudian dilanjutkan dengan tahapan In Service Training (IST I) yaitu tahapan yang akan kita laksanakan saat ini selama 64 jam pelajaran dan terakhir On The Job Training II (OJT II) adalah praktik IKM Berbasis Komunitas dengan pendampingan oleh widyaiswara selama 6 bulan kedepan” tegas Erwan.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu mengucapkan terima kasih kepada BDK Palembang yang telah memberikan memilih Kemenag Kota Bengkulu untuk pelaksanaan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas. 


Sebagaimana yang kita ketahui pada saat ini peserta yang kita undang untuk mengikuti pelatihan ini dari berbagai elemen yang memang sejajar dan nyambung dalam Kurikulum Merdeka yang akan diimplementasikan di Madrasah. 


Kakanmenag berharap Hasil dari Pelatihan ini nanti Madrasah yang sudah masuk dalam Komunitas ini dapat mencapat tingkat keberhasilan yang tinggi dan bisa menypaikan ilmunya kepada Madrasah-madrasah yang belum mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas ini.


H. Sipuan berpesan kepada para pendidik Madrasah dengan mengutip nasehat dari Ali Bian Abi Tholib R.A, “Didiklah anak itu dengan 3 fase pendidikan, yang pertama usia 0-7 tahun didiklah anak layaknya sebagai seorang raja, fase yang kedua usia 7-14 tahun didiklah anak itu layaknya seorang tawanan berikan dan jelaskan tentang hak dan kewajiban seorang anak, fase yang ketiga usia 14-21 tahun didiklah anak itu sebagai seorang sahabat, metode ini bisa kita terapkan kepada anak didik kita masing-masing, mudah-mudahan nanti akan tumbuh menjadi generasi emas”, tegasnya.


Selanjutnya semakin banyak elemen yang terlibat dalam Komunitas dimungkinkan tingkat keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka akan lebih baik karena banyak pihak yang terlibat langsung dan didampingi oleh pengajar yang kompeten.


Selain itu Kakanmenag juga menghimbau agar kegiatan ini juga melibatkan Perencanaan yang ada di Kemenag Kota Bengkulu sehingga ketika nanti disaat pelaksaan Implementasi Kurikulum Merdeka ini berkenaan dengan pendanaan sudah nyambung antara Satker Madrasah dan Kemenag Kota Bengkulu.