MALAM NISHFU SYAKBAN, (AMALIAH YANG DISENANGI PARA ULAMA SALAF)
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 10 Maret 2023
  • 854x Dilihat
  • Berita

MALAM NISHFU SYAKBAN, (AMALIAH YANG DISENANGI PARA ULAMA SALAF)

  اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ. لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْكَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لآإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى خَاتَمِ اْلاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، مُحَمَّدٍ وَّعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ. 

أَمَّا بَعْدُ، .... 

فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ قَالَ تَعَالَى : إِنَّ اللهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ 

      

       Hadirin kaum muslimin jamaah Jum’at rahimakumullah,

       Pada hari Jum’at ketiga di bulan Syakban 1444 H. ini, saya selaku khatib berwasiat kepada hadirin sekalian, marilah kita berusaha meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Sebab dengan hidayah dan inayah-Nya yang telah dianugerahkan kepada kita, serta kesehatan yang telah dicurahkan saat ini, kita hadir kembali di masjid yang kita cintai ini, memenuhi panggilan Allah menunaikan kewajiban kita, melaksanakan rangkaian ibadah pada hari Jumat.

       Shalawat serta salam semoga Allah Swt. limpahkan kepada jungjungan kita semua yakni baginda Nabi Muhammad Saw. dan semoga tercurah pula kepada keluarga dan para sahabatnya yang setia dan taat menjalankan syariat dan mengikuti sunnahnya hingga yaumil akhir kelak. 

       Maasyiral muslimin rahimakumullah. 

       Pada hari Selasa malam Rabu tanggal 15 Syakban 1444 H bertepatan tanggal 07 maret 2023, banyak, atau bahkan sebagian kaum muslimin mengisi malam nishfu Syakban dengan berbagai kegiatan, diantaranya ada yang diisi dengan kegiatan shalat sunnah mutlaq, shalat sunnah tasbih, dan ada juga yang diisi dengan pembacaan al-Qur’an dengan mengambil (membaca) surat yang berjuluk hatinya al-Qur’an:   

وَقَلْبُ الْقُرْآن يس

Hatinya al-Qur’an adalah surat Yaasiin. 

       Dengan banyaknya kaum muslimin yang mengisi malam Nishfu Syakban dengan berbagai kegiatan tersebut, maka pada kesempatan khutbah kali ini saya selaku khatib akan menyampaikan perihal penyelenggaraan amaliah Nishfu Syakban dilihat dari landasan historisnya, serta sejak kapan dan siapa tokoh ulamanya yang mensyiarkan malam Nishfu Syakban tersebut.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Mengenai puasa sunnah di bulan Syakban tidak diragukan lagi tentang keshahihannya, bahwa Rasulullah Saw. paling banyak melakukan puasa sunnah itu di bulan Syakban, berdasarkan hadits riwayat Imam Nasa’i bahwa Rasulullah Saw. menjawab pertanyaan Usamah bin zaid yang bertanya tentang mengapa Rasulullah banyak puasa sunnah di bulan Syakban. Maka Rasulullah menjawab bahwa bulan Syakban itu tidak banyak diperhatikan atau dengan kata lain banyak dilupakan dan dilalaikan umat, karena bulan Syakban itu bulan terjepit antara bulan syahrullah Rajab dengan bulan suci Ramadhan. Sabda beliau bahwa bulan Syakban adalah bulan diangkatnya segala amal diangkat kepada Allah dan beliau senang apabila amaliahnya diangkat pada saat beliau sedang berpuasa.

       Adapun mengenai amaliah khusus di malam Nishfu Syakban dapat digali dari beberapa keterangan berikut ini:

       Pertama, dalam kitab al-Mawahib al-Laduniyah, yang disusun oleh Imam al-Qasthalani. Beliau adalah ulama yang menyusun dan pensyarah kitab shahih Bukhari. Beliau berkebangsaan Mesir yang mempunyai nama lengkap Ahmad bin Muhammad bin Abu Bakar bin Abdul Malik al-Qasthalani. Beliau ulama yang bermadzhab Imam Syafi’ie yang lahir tahun 850 H. dan wafat tahun 923 H. 

       Beliau menjelaskan bahwa permulaan diadakannya peringatan malam Nisfu Syaban dengan diisi berbagai kegiatan rohani adalah dimulai dari generasi tabi’in yang berada di tanah Syam. Saat penyelenggaraan Nisfu Syakban tersebut menjadi ramai dan viral, lalu bermunculanlah berbagai pendapat dan pandangan, termasuk ulama-ulam Hijaz banyak yang mengingkarinya bahkan membid’ahkannya, dan yang termasuk wilayah hijaz adalah Madinah.

       Ulama yang bernama Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki memberikan nasihat agar pada malam Nisfu Syakban kaum muslimin memperbanyak doa memohon ampunan, mengasihi orang yang minta dikasihi, membantu orang yang meminta dibantu, melapangkan penderitaan orang yang sedang dilanda kesempitan, menggembirakan orang yang dilanda kesedihan, membahagiakan orang yang dilanda nestapa.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Memperbanyak doa pada malam Nishfu Syakban tersebut berdasarkan hadits riwayat Imam al-Baihaqi, bahwa Rasulullah Saw. bersabda: (Rahmat) Allah Swt. turun ke bumi pada malam Nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu dosa, kecuali dosa musyrik dan dosa orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).

       Menurut Nashiruddin al-Bani, serorang ulama yang berpredikat korektor hadits, mengatakan bahwa hadits ini kriterianya lemah atau dha’if, akan tetapi tidak maudhu’ atau palsu. Maka tidak ada salahnya bagi kaum muslimin untuk lebih banyak meningkatkan doa kepada Allah, memohon rahmat dan ampunan-Nya, dan bukan hanya di malam Nisfu Syakban saja, akan tetapi di malam-malam lain. Hanya saja lebih ditingkatkan kualitas dan kwantitasnya pada malam-malam istimewa seperti pada malam Nisfu Syakban.

       Perihal ini merujuk kepada salah satu riwayat, bahwa Ali bin Abi Thalib senang sekali meningkatkan ibadah pada 4 (empat) malam istimewa dalam satu tahun, yakni malam pertama di bulan Rajab, malam Idul fitri malam Idul Adha dan malam Nisfu Syakban. Disebutkan bahwa pada malam-malam tersebut Sayidina Ali bin Abi Thalib memperbanyak doa. Keterangan ini dikutip dari kitab al-Ghuniyah yang disusun oleh Syekh Abdul Kadir al-Jailani.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Kemudian yang kedua, diisi dengan kegiatan dzikrullah dengan dimulai istighfar, membaca berulang-ulang dua kalimah syahadat dan dzikir-dzikir tauhid seperti, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. 

       Melanjutkan dan menyikapi pendapat Syekh Muhammad bin Alawi, bahwa dua kalimat syahadat merupakan kalimat-kalimat mulia dan sangat baik dibaca kapan pun dan dimana pun, terlebih lagi pada malam Nisfu Syaban. Sambung beliau, seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, khususnya bulan Syakban dan malam pertengahannya.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Yang ketiga, banyak juga diantara kaum muslimin yang mengisi malam Nishfu Syakban dengan membaca al-Qur’an dengan mengambil (membaca) surat Yaasiin sebanyak 3 (tiga) kali. Membaca surah Yasin di malam Nisfu Syaban merupakan salah satu amalan yang boleh dilaksanakan. Amaliah ini juga sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian umat muslim. Bahkan, membaca Yasin dianjurkan dibacakan lebih 3 (tiga) kali. 

       Surah Yasin merupakan salah satu surat mulia di dalam al-Quran. Surah ini mengandung banyak nasihat dan pelajaran sehingga sangat dianjurkan untuk membacanya, utamanya di malam Nisfu Syakban yang juga penuh kemuliaan ini.

       Membaca Yasin di malam Nisfu Syaban umumnya dilakukan dengan diiringi permintaan berupa keberkahan pada umur, harta, dan hajat-hajat lainnya. Terkait hal ini, sejatinya boleh-boleh saja dilakukan karena tidak ada masalah dan tidak berlawanan dengan secara syar’ie di dalam pelaksanaannya.

       Lantas mengapa hanya surat Yaasiin yang dibaca? Tentu jawabannya adalah bahwa surat Yaasiin adalah hatinya al-Qur’an, dan bukan hanya surat Yaasiin saja yang di baca, namun termasuk surat-surat-surat pendek atau potongan ayat yang biasa dibacakan oleh Rasulullah sebagai dzikir ma’suraat. Bahkan apabila mampu membaca surat Yasin lebih dari tiga 3 silahkan saja membaca sampai 30 kali 90 kali atau 100 kali atau bahkan menghatamkan al-Qur’an pada malam Nisfu Syakban.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Ingatlah, bahwa setiap amal perbuatan sedikit apapun dan sebanyak apapun yang dilakukan secara ikhlas, maka pasti ia akan dicatat disisi Allah Swt. dan dipastikan akan mendapatkan balasannya, firman Allah Swt. dalam surat al-Qamar ayat ke-52 dijelaskan:

وَكُلُّ شَيْءٍ فَعَلُوْهُ فِى الزُّبُرِ. وَكُلُّ صَغِيْرٍ وَّكَبِيْرٍ مُّسْتَطَرٌ.

       Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan. Dan segala (sesuatu) yang kecil maupun yang besar (semuanya) tertulis.

       Bahkan dalam surat al-Zalzalah pun Allah menegaskan:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ. وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ.

       Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

       Kaum muslimin jamaah Jum’at rahimakumullah

       Beramallah, beribadahlah dengan tidak mengenal waktu istimewa maupun waktu yang lazim dan biasa. Namun tingkatkanlah amaliah pada waktu-waktu yang istimewa, diantaranya malam lailatul Qadar, malam Jum’at, malam Idul Fitri, malam Idul Adha dan malam Nishfu Syakban. Meningkatkan amal pada malam-malam tersebut. lakukakanlah. Kenapa tidak? Allah sedang mempersiapkan fadhilah dan rahmat-Nya bagi yang mengharapkannya.

      Amiiin.

 بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ



 Khutbah kedua: 

 اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. 

أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ 

أَمَّا بَعْدُ ... فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، 

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ،

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ