Manfaatkan Zoom dan LMS, BDK Palembang Gelar PJJ Perdana di 2021
  • 30 Juni 2021
  • 466x Dilihat
  • Berita

Manfaatkan Zoom dan LMS, BDK Palembang Gelar PJJ Perdana di 2021

PALEMBANG (30/6) – Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang dengan tema “Moderasi Beragama dan Nasionalisme /Kerukunan Umat Beragama Bagi ASN.” Pelatihan tersebut berlangsung selama 6 hari, dimulai dari tanggal 24 hingga 30 Juni 2021.

Agama sebagai landasan politik terbagi menjadi tiga topologi, yaitu integralistik, sekularistik dan simbiotik. Integralistik adalah dua bentuk yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sekuralistik adalah dua bentuk yang berbeda sehingga harus dipisahkan, lalu simbiotik yaitu mengompromikan dan menyinergikan kedua konsep untuk upaya menengahi diantara keduanya.

Indonesia merupakan negara dengan agama termajemuk di dunia dengan beragam agama, dan aliran kepecayaan. Kemajemukan ini bukan hanya antar agama tetapi juga intra agama. Indonesia menghargai kemajemukan agama dan negara hadir untuk menjamin hak warga negara untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing.

Terdapat beberapa tantangan kerukunan umat beragama di Indonesia, yaitu tantangan konstitusional, agama di ranah hukum formal. Konflik antar dan intra agama. Politisasi agama serta intoleransi pada kehidupan sehari-hari. Dengan adanya pelatihan ini, para peserta pelatihan diharapkan mampu menghadapi tantangan kerukunan antar agama dan intra agama di Indonesia.

PJJ tersebut diikuti oleh 40 orang ASN yang berasal dari berbagai satker Kemenag di wilayah Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Bangka-Belitung. Selain menyimak tayangan yang dibawakan para pengajar via Zoom Meeting, para peserta juga berdiskusi kelompok melalui fitur breakout pada aplikasi Zoom dan live chat pada aplikasi LMS yang dimanfaatkan BDK Palembang untuk menggelar PJJ.