Mastuki: Mari Jaga Pilar-Pilar Pembangun Bangsa yang Diwariskan Founding Fathers kita
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 7 Juni 2023
  • 153x Dilihat
  • Berita

Mastuki: Mari Jaga Pilar-Pilar Pembangun Bangsa yang Diwariskan Founding Fathers kita

Para peserta pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi beragama Angkatan IV yang berasal dari Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan kepala Pusdiklat teknis Dr. H. Mastuki, MA, pada Rabu, 7 Juni 2023 di Balai Diklat Keagamaan Palembang.


Mastuki dalam ceramahnya tentang Peta Jalan Moderasi Beragama mengajak para peserta untuk dapat ikut menjaga mandat yang diberikan kepada Kementerian Agama untuk menjaga pilar-pilar pembangun bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Binneka Tunggal Ika. Kesemua pilar ini menjadi komponen penting dalam membangun bangsa yang besar dan harus dijaga bersama. Mastuki juga menegaskan bahwa para peserta sebagai bagian dari penggerak moderasi beragama untuk tidak terpengaruh berbagai isu SARA yang mempertentangkan antara negara dan agama.


Instrumen-instrumen negara dengan nilai-nilai nasionalisme telah dikembangkan dari ajaran agama oleh para founding father di masa lalu dan menjadi kesepakatan bersama. Mastuki menyebutkan, "Kesepakatan dan komitmen kebangsaan inilah yang harus terus dijaga agar tidak terjadi separatisme dalam sebuah bangsa". Itulah mengapa menurutnya Kementerian Agama sangat concern dalam Moderasi Beragama karena hal ini bukan menjadi kebutuhan Kemenag sendiri melainkan merupakan kebutuhan bangsa yang besar.


Menutup ceramahnya Mastuki menegaskan, "Mari kita jaga bersama pilar-pilar pembangun bangsa yang diwariskan founding fathers agar nilai2 agama dpt dijalankan oleh masyarakat dan negara juga dapat menjalankan fungsinya dengan benar".