Membaca dan Meningkatkan Pendidikan, Kunci Kompetensi ASN
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 10 Februari 2023
  • 328x Dilihat
  • Berita

Membaca dan Meningkatkan Pendidikan, Kunci Kompetensi ASN

BANDUNG (10/2) - Widyaiswara hendaknya meningkatkan kompetensi dengan beberapa cara, di antaranya dengan banyak membaca dan meningkatkan kualifikasi pendidikan. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. H. Muharram, Ph.D., Sekretaris Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM Kemenag dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Layanan Kepegawaian Tahun 2023 di Bandung. Kegiatan yang bertempat di BDK Bandung pada tanggal 9 Februari 2023 tersebut dihadiri koordinator widyaiswara seluruh Indonesia, analis kepegawaian BMBPSDM dan beberapa staf BMBPSDM. 


Muharram dalam sambutannya juga berpesan bahwa sebagai role mode, maka ASN Kemenag perlu menjaga akhlaknya dimanapun berada. 


"Core bisnis kita adalah agama, maka wajib bagi ASN Kemenag menjaga akhlak, baik di kantor maupun di masyarakat," ujar Muharram. 


Pentingnya Balai Diklat dan Loka Diklat dalam perbaikan akhlak dan peningkatan kompetensi juga dibahas sebagai penutup sambutannya. 


"BMBPSDM melalui Balai Diklat dan Loka Diklat sudah semestinya menjadi tempat perbaikan akhlak dan kompetensi ASN, khususnya ASN Kemenag." 


Sesban turut didampingi oleh Ketua Tim Kerja pada Bagian Asesmen dan Bina Pegawai Ropeg Sekjen Kemenag, Dr. Asroi, M.Pd. Kegiatan tersebut dimoderatori oleh H. Agus Nasihatul Ahyar, S.H.I., Kasubbag Tata Usaha BDK Bandung·


BDK Palembang sendiri mengutus Drs. Rudi Hermawan M.Pd. selaku Koordinator Widyaiswara menjadi peserta kegiatan. Sebagai data dukung dalam kegiatan tersebut, BDK Palembang menyiapkan data distribusi jumlah pelajaran yang diampu oleh widyaiswara di setiap pelatihan. 


Agenda lainnya dalam kegiatan kegiatan tersebut adalah pembahasan formasi jabatan dan standar kompetensi jabatan fungsional.