Membangun Jaringan dengan Perguruan Tinggi, Perkuat Minat Penulisan Jurnal
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 13 Juli 2023
  • 119x Dilihat
  • Berita

Membangun Jaringan dengan Perguruan Tinggi, Perkuat Minat Penulisan Jurnal

Palembang (12/07)---Publikasi hasil penelitian pada jurnal ilmiah merupakan hal yang sangat penting, karena dengan adanya publikasi akan dapat memperluas wawasan di bidang penelitian tertentu dan juga membuka kesempatan untuk mengeksploitasi topik-topik baru dalam bidang yang sama.


Setiap perguruan tinggi bahkan Instansi pendidikan dan Pelatihan sudah menyiapkan media publikasi penelitian yaitu Open Jurnal System (OJS). Dimana para penulis mengajukan hasil karya ilmiah penelitiannya dan apabila telah memenuhi standar penulisan jurnal maka akan dipublikasikan melalui media OJS tersebut.



Dr. Muhammad Adil, M.A. yang merupakan Wakil Rektor UIN Raden Fatah Palembang saat diwawancarai oleh Tim Medinfo BDK Palembang setelah menyampaikan Materi Moderasi Beragama pada tiga pelatihan penggerak Moderasi Beragama di Balai Diklat Keagamaan Palembang, memberikan 4 tips jitu agar jurnal yang dikelola dapat diminati oleh penulis.


Empat tips tersebut yaitu pertama Dalam Tata Kelola Jurnal sudah seharusnya memaksimalkan dalam mengikuti alur penulisan jurnal yang disepakati, sehingga para pengelola jurnal dapat konsisten dan berimbas pada bertambahnya penulis jurnal.


Kedua tentunya pengelola jurnal harus memfasilitasi reviewer yang dapat menjadi icon beberapa kepentingan sehingga dapat mengakomodir penulis-penulis yang memiliki bidang pendidikan dan penelitian tertentu dan masih sesuai dengan tema jurnal yang dimiliki.


Ketiga Persiapkan grandstrategi dalam mengelola jurnal, sehingga tidak hanya akan mendapat predikat akreditasi srikandi namun juga bisa menjadi jurnal internasional.


Dan yang terakhir tidak kalah penting yaitu pengelola jurnal sebaiknya membangun jaringan dengan perguruan tinggi, pengelola jurnal dapat mengajukan kerjasama dalam penyelenggaraaan event akademik sehingga dapat dikoneksikan dalam mempromosikan jurnal instansi bagi pra penulis.