Menganalisis SKL, SK dan KD Madrasah Diniyah bersama Riduwan, S.Ag, M.Pd.I
  • 24 Maret 2022
  • 1940x Dilihat
  • Berita

Menganalisis SKL, SK dan KD Madrasah Diniyah bersama Riduwan, S.Ag, M.Pd.I

MARTAPURA (24/3) - BDK Palembang mengadakan PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Angkatan II Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur selama 6 hari, mulai tanggal 21 s.d 26 Maret 2022. Widyaiswara yang memberikan materi pada PDWK tersebut yaitu Riduwan, S.Ag, M.Pd.I dan Muhammad Thontowi, S.Ag. Riduwan memberikan materi Analisis SKL SK KD kepada peserta pelatihan.

Tujuan analisis SKL, SK, KD adalah untuk menjamin agar isi pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran tepat mengarah pada pencapaian standar kompetensi lulusan yang diharapkan. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan. SKL per mata pelajaran Alquran, Al-Hadits, Akidah, Akhlak, Fikih, Tarikh Islam dan Bahasa Arab harus sesuai dengan ketentuan dan standar.

Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan mengacu pada SK.

Dengan mengikuti PDWK ini diharapkan peserta khususnya guru pada madrasah diniyah memahami SKL, SK dan KD dalam pembelajaran. Mengerti fungsi indikator pencapaian kompetensi sebagai pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar, mendesain kegiatan pembelajaran dan merancang serta melaksanakan penilaian hasil pembelajaran. Sehingga menciptakan siswa yang bukan hanya cerdas dalam pembelajaran tetapi juga siswa yang memiliki paham Alquran, hadits, berakhlak dan mampu berbahasa Arab.