MENGAPA PAHALA SEDEKAH ITU DISEGERAKAN?
  • 16 Juni 2022
  • 16478x Dilihat
  • Khutbah

MENGAPA PAHALA SEDEKAH ITU DISEGERAKAN?

    اَلْحَمْدُ للهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ،
        أَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ:

اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ   

       Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

       Segala puja dan puji hanya milik Allah Swt, pencipta langit dan bumi, yang telah mengatur alam semesta dengan penuh hikmah, mengatur perjalanan siang dan malam sesuai kehendak-Nya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, yang telah membawa manusia dari gelapnya kesesatan menuju terangnya hidayah.

       Apakah kita termasuk orang yang mencintai harta, dan apa yang menjadi bukti bahwa kita mencintai harta dan begitu pula sebaliknya apakah harta itu juga mencintai siempunya harta. Yakinlah, bahwa orang yang memiliki harta dan harta pun mencintai pemiliknya, maka harta tersebut didermakan atau disedekahkan, karena harta tersebut memang ada sebagian milik orang lain.

وَالَّذِيْنَ فِيْٓ اَمْوَالِهِمْ حَقٌّ مَّعْلُوْمٌۖ ، لِّلسَّاۤىِٕلِ وَالْمَحْرُوْمِۖ  

       Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta),

       Harta yang kita miliki akan mengucapkan terimakasih, karena ia telah diberikan kepada yang membutuhkan. Bersedekah tidak melulu soal banyak harta, dan bersedekah tidak melulu harus besar, berderma tidak melulul menunggu kaya, bersedekah tidak melulu menunggu waktu luang. Apabila berderma dengan alasan nanti apabila sudah kaya, kalau sudah lapang, kalau sudah ada kesempatan, maka pasti orang enggan untuk melakukannya. Akan tetapi mulailah bersedekah dari hal yang kecil, tapi besar pengaruhnya dan manfaatnya bagi yang diberikan sedekah.

       Kaum muslimin jama’a Jum’at rahimakumullah,

       Sedekah harus disegerakan, cepat-cepat, tergopoh-gopoh untuk segera bersedekah. Jangan menunggu kaya, jangan ditunda-tunda, karena secepat itu pula pahalanya akan kita raih atau bahkan lebih cepat lagi, sebagaimana kita diperintah untuk bersegera meraih kebaikan dan ampunan Allah. Mengapa demikian? Tentu Allah tidak sembarangan memerintahkan hambanya untuk bersedekah dan Rasulullah Saw pun pasti sudah penuh perhitungan pada saat beliau menyampaikan sabdabnya tentang keutamaan sedekah.

       Mengapa pahala sedekah itu utama? Kita simak beberapa penjelasan dari pala ulama sebagai penafsiran dari makna dan keutamaan sedekah:

       Pertama, Sedekah dapat menolak bencana,

       Selain pahalanya besar, Allah menjanjikan nilai lebih dan keutamaan sedekah, diantaranya sedekah berfungsi untuk menolak bala dan bencana dalam kehidupan manusia. Bahkan sedekah bukan hanya menghindari bencana, akan tetapi bencana tidak akan melewati jika ada orang-orang bersedekah.

       Kta sebagai manusia yang diselimuti serba kelemahan dan kekurangan tidak akan mampu mendeteksi sedekah yang mana dan sedekah apa saja yang bisa menghindari bencana tersebut, sehingga tidak melewati kita. Rasulullah Saw, bersabda yang artinya: Bersegeralah kamu bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. (HR. Imam Baihaqi).

       Ujian berupa bencana tetap akan datang kepada kita bukan karena Allah tidak sayang dan tidak menilai sedekah kita. Namun, ini adalah bentuk ujian apakah kita akan tetap bersedekah seperti biasanya, atau tidak, walaupun bencana dan kesulitan kita hadapi, atau berhenti karenanya. Oleh karena membiasakan sedekah dalam kondisi apapun adalah sesuatu yang istimewa dan sangat bermanfaat.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Kedua, Ketahui oleh kita semua, bahwa orang yang sudah meninggal dunia itu telah melihat malaikat pencabut nyawa, ia telah melihat malaikat Munkar dan Nakir, mereka sudah ditanya tentang siapa tuhannya, siapa nabinya, dan apa agamanya. Ia sudah sedang merasakan gelapnya kubur, sempitnya kubur, dia merasakan sepinya alam kubur sendirian, tidak ada siapa-sapa, tidak ada yang membantu dia. Pada saat seperti itulah orang yang sedang ada di alam kubur itu melihat dahsyatnya sedekah serta manfaat yang dirasaan oleh ahli kubur.

       Tentang ini Allah menggambarkannya dengan jelas dalam al-Qur’an surat al-Munafiqun ayat ke-10:

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ 

       Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata (dengan penuh penyesalan): Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku akan bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh

       Saudaraku, Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa setiap orang yang melalaikan kewajiban pasti akan merasa menyesal di saat meregang nyawa. Mereka meminta agar usianya diperpanjang sekalipun hanya sebentar untuk bertaubat dan menyusul semua amal yang dilewatkannya. Bahkan Buya Hamka menyebut bahwa permintaan mundur atau hidup lagi agar bisa bersedekah itu percuma. Sudah kasep dan terlambat. Allah menegaskan bahwa permohonan itu tidak mungkin dikabulkan, dan tidak mungkin terjadi. Kematian itu sesuatu hal yang mustahil ditangguhkan dan tidak mungkin lagi mengerjakan amal apapun, orang yang sudah mati sudah game over. Tidak ada lagi amal pasca kematian. Pasca kematian adalah balasan untuk segala amal selama di dunia.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Orang yang tidak mau membayar zakat atas harta yang dimilikinya selama di dunia, padahal ia adalah orang berharta dan berkewajiban mengeluarkan zakat, namun disaat kematian sudah datang menjemputnya ia mengatakan ingin kembali ke dunia untuk berzakat, maka tentu Allah tidak akan pernah mengembalikannya. Maka dengan hal inilah Nabi Saw, bersabda dalam riwayat Imam Tirmidzi dari Ibnu Abbas Ra:

مَنْ كَانَ لَهُ مَالٌ يُبَلِّغُهُ حَجَّ بَيْتِ رَبِّهِ أَوْ تَجِبُ عَلَيْهِ فِيهِ الزَّكَاةُ فَلَمْ يَفْعَلْ سَأَلَ الرَّجْعَةَ عِنْدَ الْمَوْتِ

       Barangsiapa memiliki harta yang cukup untuk membuatnya bisa berhaji mengunjungi Baitullah atau yang sudah wajib untuk ia keluarkan zakatnya lalu ia tidak melaksanakannya, maka ketika mati ia memohon dikembalikan lagi ke dunia.

       Mengapa pada ayat dan hadits tersebut di atas, disebutkan sedekah atau zakat secara khusus bukan amaliah lainnya. Mengapa mereka tidak ingin hidup lagi lalu akan berpuasa, akan melakukan shalat?

       Saudaraku kaum muslimin, kita akan menemukan jawabannya dari Rasuullah Saw, karena pahala sedekah itu akan mengalir terus tanpa putus, sejak awal kematiannya dan terus, terus sampai babak akhir perjalanannya menuju akhirat. Subhanalloh.

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Ketiga, pahala sedekah akan memadamkan panasnya api dalam kubur, sebagaimana Rasulullah Saw, bersabda dalam riwayat Imam Ahmad dan Tirmidzi:

اَلصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْـخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

       Sedekah itu dapat menghapuskan kesalahan laksana air dapat memadamkan api

        Dengan demikian, orang-orang yang sudah mati menginginkan hidup kembali lalu bercita-cita ingin bersedekah, karena pahalanya disegerakan sejak mulai ia mengawali hidup di alam barzah/kubur. Bahkan Orang-orang yang sudah mati berharap hidup kembali dan akan bersedekah karena pahala sedekah itu dapat menaungi orang yang rajin dan senang bersedekah. Rasulullah Saw. bersabda:

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ عَنْ أَهْلِهَا حَرَّ الْقُبُوْرِ، وَإِنَّمَا يَسْتَظِلُّ الْمُؤْمِنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِـيْ ظِلِّ صَدَقَتِهِ.

       Sesungguhnya sedekah itu memadamkan panasnya alam kubur bagi pelakunya. Dan sungguh, pada hari kiamat, seorang mukmin akan bernaung di bawah naungan sedekahnya

       Kaum muslimin rahimakumullah,

       Inilah beberapa alasan bahwa orang-orang yang sedang di alam barzah atau alam kubur, mereka menginginkan hidup kembali dan ingin bersedekah, karena ternyata pahala sedekah itu di dahulukan sejak kehidupan pertama di gerbang awal kehidupan akhirat yakni kehidupan di alam kubur.

       Bersedekahlah, karena keistimewaan-keistimewaan dalam bersedekah sangat tinggi dan kemuliaan hidupmu akan menyertai kita. Orang bijak mengeluarkan kata-kata hikmahnya: Jangan malu jika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi. Kebahagiaan akan semakin bertambah jika saling berbagi dengan sesama. Berbagi bukanlah tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri.

       Semoga kita menjadi hamba-hambanya yang senantiasa meraih keuntungan, kesuksesan, keberkahan hidup dengan bersedekah, Aamiiin,

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِى وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَسْتَغْفِرُوهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ