Mengenal Lokasi PDWK Mukomuko: Berawal dari Yayasan Pengajian, Berkembang Menjadi Madrasah
  • 23 Maret 2022
  • 203x Dilihat
  • Berita

Mengenal Lokasi PDWK Mukomuko: Berawal dari Yayasan Pengajian, Berkembang Menjadi Madrasah

MUKOMUKO (21/3) - Setelah sempat kosong dari kegiatan pelatihan selama satu pekan, BDK Palembang akhirnya kembali menggelar PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja). Salah satu wilayah kerja yang disambangi BDK Palembang kali ini adalah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

PDWK yang digelar di Mukomuko bertempat di Madrasah Hidayatul Mubtadiin yang terletak di Kecamatan Penarik. PDWK dibuka pada Senin (21/3), dan dihadiri oleh segenap panitia pelaksana dan perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko, yaitu Darmanto, S.HI. Pelatihan Pembelajaran Tematik MI Angkatan Vi tersebut diikuti oleh segenap guru MI dari berbagai wilayah di Kabupaten Mukomuko, baik guru MI negeri maupun swasta.

Pihak MI Hidayatul Mubtadiin sangat antusias sebagai tuang rumah PDWK tersebut. Tak lama setelah panitia dan pengajar tiba di madrasah tersebut, rombongan disambut dengan tarian selamat datang yang dibawakan sendiri oleh siswa-siswa MI Hidayatul Mubtadiin. Mereka kemudian mengalungkan kalung bunga kamboja kepada pengajar BDK Palembang, Dr. M. Soif, M.Pd dan Kasubbag Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko, Darmanto, S.HI sebagai bentuk sambutan.

MI Hidayatul Mubtadiin sendiri memiliki sejarah yang mengagumkan. Madrasah tersebut pada awalnya merupakan yayasan pengajian rumahan yang didirikan masyarakat setempat, yang kemudian dikembangkan menjadi madrasah diniyah, lalu madrasah ibtidaiyah, hingga kemudan dibuat pula PAUD dan RA Hidayatul Mubtadiin.

Dalam sambutannya, Darmanto turut menyampaikan perasaan bangganya terhadap para guru MI yang telah hadir di MI Hidayatul Mubtadiin untuk menjadi peserta pelatihan. Menurutnya, Guru MI adalah guru yang istimewa. Di saat guru MTs dan guru MA lebih fokus pada satu atau beberapa mata pelajaran, guru MI harus dituntut untuk memahami dan menguasai berbagai mata pelajaran di segala bidang sekaligus, termasuk di bidang tematik.

“Putra putri MI ibaratnya benih yang sangat baik, dan sebaik-baiknya benih, jika diletakkan di lahan yang baik, maka dia akan tumbuh menjadi tanaman yang subur,” pungkas Darmanto. “Lebih baik lagi jika yang merawatnya adalah orang yang terbaik. Bapak ibu (guru-guru MI) pada dasarnya adalah penentu dari masa depan yang akan datang. 20 tahun mendatang, akan seperti apa kecamatan dan kabupaten kita? Tergantung seperti apa anak-anak yang bapak ibu didik.”

Para peserta PDWK Pembelajaran Tematik MI mengikuti semua materi yang dibawakan dengan penuh semangat. Kecamatan Penarik sendiri diketahui merupakan kecamatan di Mukomuko yang paling dekat dari semua madrasah ibtidaiyah yang ada disana. Terdapat sekiat 19 MI di Kabupaten Mukomuko, dan semuanya berlokasi tidak jauh dari MI Hidayatul Mubtadiin. Hal tersebut lah yang membuat MI Hidayatul Mubtadiin dipilih sebagai lokasi PDWK.

BDK Palembang menggelar sebanyak 6 angkatan PDWK di 5 kabupaten di dalam wilayah kerjanya, antara lain di Kabupaten OKU Timur, Lahat, Empat Lawang, Kepahiang dan Mukomuko. PDWK kali ini berlangsung pada tanggal 21 - 26 Maret 2022.