MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG EFEKTIF

MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG EFEKTIF

MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG EFEKTIF

Oleh: Riduwan

 

  • Pendahuluan

Sekolah memiliki posisi sentral dan strategis dalam mengembangkan segala potensi individu untuk siap hidup dalam dinamika kehidupan di masa datang. Sekolah yang di dalamnya terjadi proses pendidikan, dengan sendirinya memang berisikan pemikiran ke-masa depan-an, yang sejatinya tidak akan pernah stagnan.

Sekolah kini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari masa sebelumnya, terutama berkenaan dengan era komunikasi dan informasi yang bergulir pada abad 21 ini. Sekolah yang mampu beradaptasi dengan era ini tentu bukan sekolah biasa, tetapi sekolah yang benar-benar efektif yang mampu mengusung lulusannya siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di masa datang, yang mampu menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademis tertentu, keterampilan, sikap dan mental, serta kepribadian lainnya sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilannya.

Keberhasilan sekolah merupakan ukuran bersifat mikro yang didasarkan pada tujuan dan sasaran pendidikan pada tingkat sekolah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang di dalam UUSPN Nomor 20 Tahun 2003, serta sejauh mana tujuan itu dapat dicapai pada periode tertentu sesuai dengan lamanya pendidikan yang berlangsung di sekolah. Berdasarkan sudut pandang keberhasilan sekolah tersebut, kemudian dikenal sekolah efektif yang merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan serta mengacu pada sejauh mana sekolah dapat mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang telah ditetapkan. Lalu bagaimanakah memaksimalkan fungsi-fungsi pengelolaan sekolah agar menjadi sekolah yang efektif? 

Versi Lengkap Download disini /upload/files/web%3DMEWUJUDKAN%20SEKOLAH%20YANG%20EFEKTIF.pdf