MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
  • 23 Juli 2020
  • 9399x Dilihat
  • Artikel

MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

Dr. Agustina, M.Pd.

Widyaiswara Ahli Muda BDK Palembang

 

Abstrak

Terdapat banyak model-model pengembangan kurikulum yang dapat digunakan dalam implementasi kurikulum di lapangan. Artikel ini menjawab pertanyaan, “Model pengembangan kurikulum apa saja yang dikembangkan oleh para ahli kurikulum dan bisa dijadikan dasar untuk mengemnbangkan kurikulum pendidikan dan pelatihan?”.  Disebutkan bhawa secara garis besar terdapat delapan model pengembangan kurikulum yaitu: the administrative (line staff), the grass roots,  Bechamp’s system, The demonstration, Taba’s inverted model, Rogers interpersonal relations,Systematic action, dan  Emerging technical model. Ada pula yang mengklasifikasikan model-model ini ke dalam dua grup besar model pengembangan kurikulum yaitu model Zais dan model Roger. Dalam uraian dijabarkan bagaiaman implementasi dari model-model pengembangan kurikulum tersebut berdasarkan tinjauan literatur.

Kata Kunci: Model, Pengembangan Kurikulum

 

  • Pembahasan

Terdapat banyak model pengembangan kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli. Sukmadinata (2005:161) menyebutkan delapan model pengembangan kurikulum yaitu: the administrative (line staff), the grass roots,  Bechamp’s system, The demonstration, Taba’s inverted model, Rogers interpersonal relations,Systematic action, dan  Emerging technical model. Sedangkan Idi (2007:50) mengklasifikasikan model-model ini ke dalam dua grup besar model pengembangan kurikulum yaitu model Zais dan model Roger. Masing-masing kelompok memuat beberapa model yang telah diklasifikasikan oleh Sukmadinata di atas.

 

Mod

 

  • Pendahuluan

Pengambangan kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dalam system pendidikan dan pelatihan. Dalam mengembangkan kurikulum, pengembang kurikulum utamanya bukan ingin menghasilkan bahan pelajaran/muatan pelatihan namun lebih dari itu adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan. Adapun proses pengembangan kurikulum pendidikan dan pelatihan memerlukan model yang dijadikan acuan teroritis untuk melaksanakan suatu pengembangan tersebut. Model atau konstruksi merupakan ulasan teroritis tentang suatu konsepsi dasar, yang bisa diperguanakn untuk

 

Versi Lengkap Download disini /upload/files/ARTIKEL%20WEB%20AGUSTINA%20JULI.pdf