MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA RAUDHATUL ATHFAL
  • 31 Maret 2020
  • 2118x Dilihat
  • Artikel

MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA RAUDHATUL ATHFAL

MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA RAUDHATUL ATHFAL

 

Oleh:

Sri Sunarti, M.Pd

Widyaiswara Ahli Madya

Abstrak

Model pengembangan bahan ajar pada raudhatul athfal dapat mengetahui tingkatan kemampuan anak di usia dini dan mengajarkan anak dengan lingkungan sekitar sehingga guru dapat mengeksplor pengetahuan dan wawasan anak menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa model pengembangan bahan ajar yang dapat diterapkan di raudhatul athfal, seperti model pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi, lingkungan alam sekitar, kearifan lokal dan sains dan teknologi.

Kata kunci: model, pengembangan, bahan ajar, raudhatul athfal, kompetensi

  • Pendahuluan

Raudhatul Athfal adalah salah satu satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan umum dan keagamaan Islam bagi anak berusian empat sampai enam tahun. Pendidikan usia dini menjadi dasar atau landasan dalam masa perkembangan anak. Dalam pendidikan RA anak dibantu dalam mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral, agama, sosial, emosional, kognitif, fisik dan motorik serta kemandirian dan seni sebelum memasuki pendidikan dasar. Oleh sebab itu, guru harus mampu mengembangkan bahan ajar yang penuh dengan kreatifitas dan inovasi sehingga menghasilkan bahan ajar yang berkualitas.

Versi FULL, silakan download disini /upload/files/PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20RAUDHATUL%20ATHFAL.pdf