MOOC solusi terpilih dalam meningkatkan percepatan Pengembangan SDM Kementerian Agama
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 14 Februari 2023
  • 272x Dilihat
  • Berita

MOOC solusi terpilih dalam meningkatkan percepatan Pengembangan SDM Kementerian Agama

Selasa berbahagia di Martapura (BDK Palembang)---Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dilingkungan kementerian Agama wajib dilaksanakan guna untuk menyukseskan birokrasi berkelas dunia dan pelayanan publik yang kompetitif. Setiap ASN disyaratkan untuk memiliki 3 (tiga) kompetensi, yaitu kompetensi sosial kultural, kompetensi manajerial, dan kompetensi teknis. 


Pada pelatihan kali ini yang dilaksanakan dilingkungan kementerian agama kabupaten oku timur, Saefudin selaku Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang turut hadir menyampaikan materi pelatihan Sistem Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dilingkungan kementerian Agama. 


Para peserta dari 2 mata pelatihan yang berbeda yaitu pelatihan Teknis  Revolusi Mental Angkatan III dan Metodologi Pembelajaran Angkatan III bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat berantusias saat saefudin menyampaikan materi  pelatihan ini. Terlebih informasi dan perkembangan-perkembangan serta metode-metode pelatihan yang baru di era digitalisasi ini menuntut ASN kementerian agama untuk meningkatkan kompetensi baik secara ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Kedepan pelatihan dilingkungan Balai Diklat Keagamaan akan berbasis MOOC (Massive Open Online Course) pelatihan mandiri berbasis digital. Pelatihan ini akan jauh lebih banyak menampung peserta pelatihan. Jika selama ini daya tampung pelatihan hanya bisa  menjangkau ribuan peserta, maka dengan belajar mandiri melalui mooc ini daya tampung pelatihan  bisa menjangkau ratusan ribu, bahkan jutaan peserta. Ini artinya siklus asn mengikuti pelatihan yang  biasanya bertahun-tahun menunggu ke depan bisa dipercepat minimal setahun satu kali. 


Dengan hadirnya Saefudin pada hari selasa 14 Februari 2023, dalam menyampaikan informasi-informasi, model-model pelatihan dan tujuan dilaksanakannya pelatihan. Diharapkan seluruh ASN kementerian Agama tersampaikan secara komperhensif dalam meningkatkan kompetensi baik secara ilmu pengetahuan, tekhnologi serta kecerdasan spiritual mampu memberikan  kontribusi yang nyata serta manfaat yang banyak kepada masyarakat luas dan tentunya sebagai komitmen dalam mengemban amanah sebagai abdi negara  pelayan masyarakat.