“Ngobjek” Bersama Pak Kapus Mastuki : IKM Berbasis Komunitas dan MOOC
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 8 Juni 2023
  • 177x Dilihat
  • Berita

“Ngobjek” Bersama Pak Kapus Mastuki : IKM Berbasis Komunitas dan MOOC

Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas dan MOOC menjadi salah satu wacana yang banyak diperbincangkan terutama di seputar Kemenag RI, terlebih di Tahun 2023 Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama telah melahirkan inovasi nya berupa pelatihan dengan metode MOOC.


ASN Kemenag sebelumnya telah terbiasa mengikuti pelatihan dengan metode Pelatihan reguler, Pelatihan Jarak Jauh dan Pelatihan Diwilayah Kerja.


BDK TV sebagai media informasi kementerian agama menggandeng langsung Dr. H. Mastuki. M. Ag. (Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama) untuk berdialog dalam acara “Ngobjek” mengenai hal tersebut.


Ngobjek dimulai dengan perkenalan tentang profil Dr. H. Mastuki, M.Ag., yang dahulunya sebelum menjabat sebagai Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan . Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Biro HDI Kementerian Agama dan pernah menjadi Plh. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI.


Dalam acara tersebut, Pak Mastuki panggilan akrabnya menyampaikan bahwa dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, untuk menyiapkan SDM yang akan menyebarluarskan tentang Kurikulum Merdeka tentunya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan menyiapkan pelatihan, kali ini dengan beberapa tahapan dimana peserta mempergunakan platform MOOC sebagai awal pelatihan, kemudian pelatihan tatap muka dan evaluasi pelatihan.


Adapun pelaksanaan MOOC bertujuan agar para peserta pelatihan memahami terlebih dahulu materi-materi pembelajaran sebelum dilaksanakan pelatihan tatap muka. Sehingga diharapkan nantinya dalam pelaksanaan IKM dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yaitu setiap peserta dididik adalah berprestasi dibidang masing-masing.