Nurudin Ingatkan Smart ASN dan Moderat Sebagai Karakter Utama ASN Kemenag.
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 April 2024
  • 32x Dilihat
  • Berita

Nurudin Ingatkan Smart ASN dan Moderat Sebagai Karakter Utama ASN Kemenag.

Palembang, 3 April 2024 - Dr. H.Nurudin, S.Pdi.,M.Si. (Kepala Biro Ortala Sekjen Kemenag RI) memberikan materi tentang Pembangunan Bidang Agama kepada peserta Orientasi PPPK Angkatan XXIII, XXIV, dan XXV di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

 

Dalam materinya, Nurudin menekankan peran penting ASN dalam mewujudkan visi dan misi Kemenag. Beliau menyebut Kemenag sebagai organisasi besar dengan 10.800 satuan kerja dan 265.000 ASN, terbanyak di antara kementerian dan lembaga pemerintah daerah lainnya.

 

Nurudin menjelaskan peluang menjadi PPPK terbuka luas dengan batasan usia minimal 20 tahun dan pengalaman kerja minimal 2 tahun. Hal ini membedakan PPPK dengan PNS.

 

"Bapak/Ibu merupakan tenaga ahli di bidang masing-masing, terbukti dari pengalaman kerja saat mendaftar sebagai PPPK," ujar Nurudin.

 

Sebagai ASN, Nurudin menekankan pentingnya dua kompetensi: kompetensi pedagogi (kemampuan mengajar) dan kompetensi profesional (kemampuan materi ajar).

 

"Tren saat ini menunjukkan bahwa setiap jabatan harus memiliki spesialis yang tentunya memiliki kompetensi pendagogi dan profesional. Sehingga ASN diharuskan untuk terus mengembangkan kompetensinya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat."

 

Lebih lanjut, Nurudin menyampaikan bahwa ASN Kemenag harus memiliki dua karakter utama: smart ASN dan moderat. Smart ASN berarti ASN yang cerdas, profesional, dan berintegritas. Moderat berarti ASN yang mampu memahami dan menghargai perbedaan, serta mampu membangun kerukunan antar umat beragama.

 

Acara ini turut dihadiri oleh Dr. H. Syafitri Irwan, S.Ag., M.Pdi (Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan), Dr. Saefudin, S.Ag, M.Si (Kepala BDK Palembang), H. Mukmin, S.H.I., M.Sy. (Kasubbag TU BDK Palembang), dan seluruh panitia orientasi PPPK.