• Yeni Lesmana Dewi
  • 22 April 2024
  • 17x Dilihat
  • Berita

"Ormas" Babel berperan Menguatkan Moderasi Beragama  

Pangkalpinang (22/4), Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini mengadakan kegiatan Penguatan Moderasi Beragama bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) Keagamaan di Provinsi Bangka Belitung.

 

Mengawali kegiatan ini H. Firmantasi, S.Ag,.MH Plh. Kakanwil Kemenag Prov. Babel memberikan sambutan. Teristimewa cara ini dihadiri Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. H. Amin Suyitno, M.Ag. Turut hadir H. M. Arfi Hakim Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Kemenag Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, Kepala Kankemenag Kab. Bangka Barat, Bangka Induk, Ketua Muhammadiyah, PBNU, Ansos dan Ormas keagamaan lainnya selaku tamu undangan.

 

Dalam rangka menjalankan program Menteri Agama Sinergi penguatan Moderasi Beragama untuk Indonesia Maju dan Harmonis, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki keanekaragaman budaya suku dan budaya yang komplit. Mulai dari Islam, Budha, Kristen, Katolik, Konghucu dan Hindu.

 

Selaku pemateri Suyitno menyampaikan beragama merupakan hak azazi manusia, oleh karena itu kita harus saling menghormati dan memanusikan manusia.

 

"Yakini agamamu seyakin-yakinnya, taati agamamu setaat-taatnya dan biarkan saudara kita meyakini agamanya sesuai kepercayaannya" tuturnya.

 

Organisasi Masyarakat (Ormas) merupakan ekosistem moderasi beragama. Kementerian agama selaku Instansi pemerintah memiliki tugas bergandengan tangan kepada semua lini masyarakat agar bisa meningkatkan moderasi. 

 

"Semua tokoh agama harus pandai membaca tanda-tanda konflik. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Agama hanya dijadikan projek semua bisa menjadi faktor pemicu untuk menghancurkan keberagaman beragama" ungkapnya

 

"Penyuluh merupakan orang terdepan dari kemenag yang langsung berinteraksi dengan masyarakat. Sebagai "Jupe" (Juru Penerang) yang Tugasnya mendamaikan. Juru damai yang menyejukkan, yang merupakan perpanjangan tangan semua proyek pemerintah kepada masyarakat" tambahnya 

 

"Mari kita bersinergi bersama menjaga Keberagaman menguatkan moderasi beragama yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menciptakan Indonesia maju dan harmonis" pesan Suyitno seraya menutup acara.

 

Bertempat di Auditorium Mas'ud Hasan Qolay Kanwil Kemenag RI Prov. Babel acara berjalan dengan lancar, diakhiri dengan do'a dan foto bersama. (Yn)