Outlook 2024, Cermin Kemajuan Digital Kementerian Agama   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 19 Januari 2024
  • 81x Dilihat
  • Berita

Outlook 2024, Cermin Kemajuan Digital Kementerian Agama  

Palembang (19/1), Hari ini Balai Diklat Keagamaan Palembang kedatangan tamu istimewa yaitu Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. Kedatangannya kali ini yaitu untuk memberikan pembinaan kepada widyaiswara dan pegawai BDK Palembang.

 

Bertempat di ruang rapat BDK Palembang didampingi Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si, Kasubbag Tata Usaha H. Mhkmin, S.H.I, M.Sy, dan Koordinator Widyaiswara BDK Palembang H. Sudharmono, Lc. Kaban menyampaikan materi "Sinkronisasi Pelaksanaan anggaran 2024 di BDK Palembang"

 

Sejauh ini Balitbang telah memberikan perwajahan baru di BDK Palembang, pada akhir tahun 2023 BDK Palembang menerima anggaran tambahan yang digunakan untuk memperbaiki ruang rapat, membuat Smart Class dan renovasi ruang El-Tv. Ini semua membuat BDK Palembang semakin keren dan berjaya. Pasalnya dengan berbagai perubahan, menimbulkan keistimewaan, ciri khas dan menambah semangat kerja karyawan.

 

Suyitno menyampaikan "Fisik perwajahan itu penting, karena itu adalah modal awal yang dilihat pertama kali. Selayaknya wajah yang pertama kali dilihat saat bertemu seseorang. Pastinya akan menimbulkan kesan saat pandangan pertama" tuturnya.

 

"Oleh karena itu dengan terus melakukan perubahan fasilitas yang lebih baik di BDK Palembang, tentunya semakin meningkatkan kualitas BDK Palembang" ungkapnya.

 

Pembelajaran sekarang telah berbasis online. Di mana Peserta pelatihan mandiri daftar sendiri, pilih paket sendiri, pilih pelatihan sendiri, dan menyelesaikannya sendiri. Pada akhir tahun 2024 simdiklat memasuki masa transisi. Posisi simdiklat sebagai perantara peralihan ke Mooc yang telah banyak memberikan manfaat.

 

Dalam kesempatan tersebut Kaban juga mengingatkan kembali Outlook 2023 yang menjadi kompas kiblatnya kebijakan kemenag 2023. Semua target, strategi, trend di luar, tantangan perspektif, cara pandang, kebutuhan publik pada kebutuhan masyarakat. 

 

"Kementerian agama tidak boleh keluar dari 9 Outlook 2003 sehingga transpormasi digital, produk halal, haji dengan melibatkan orang-orang sesepuh juga bisa dilaksanakan dengan baik ditahun 2023" jelas Suyitno.

 

Seperti yang kita ketahui di bawah kepemimpinan Kepala Balitbang Diklat Suyitno, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam transformasi digital, telah menerima pengakuan luas atas upaya transformasi digital di kementerian agama, baik dari masyarakat pengguna, maupun berbagai stakeholder, termasuk rekan sesama Menteri di kabinet Indonesia maju.

 

Suyitno menekankan pentingnya tema Outlook 2024 yang mencerminkan kemajuan digital kemenag. Ia juga menggaris bawahi pentingnya mengawal program-program prioritas yang telah ditetapkan. Termasuk penyesuaian anggaran dan penerapan legacy untuk menjamin kesuksesan transformasi digital. 

 

"Balitbang Kemenag RI berkomitmen untuk memastikan bahwa program-program prioritas dapat terlaksana dengan baik, mendukung target-target yang telah ditetapkan hingga akhir periode 2024, sehingga Outlook 2024 hasilnya Happy ending for the best" pungkasnya seraya mengakhiri pembinaan. (Yn)