Pada Abad 21 ini ASN harus Miliki Kecakapan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 6 Maret 2023
  • 282x Dilihat
  • Berita

Pada Abad 21 ini ASN harus Miliki Kecakapan

Lubuklinggau (6/3), Hari ini Balai Diklat Keagamaan Melaksanakan Pelatihan Di Wilayah Kerja Pembelajaran Tematik MI Angkatan VI dan PDWK Teknis Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja pada Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau. Pdwk di buka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Lubuklinggau H. Muhammad Rais, M.Pd.I. 


Pada kesempatan ini Rais mengucapkan terima kasih kepada BDK Palembang yang telah menjadwalkan kegiatan pelatihan mulai dari 6 s.d 11 Maret 2023 di Kota Silampari ini. PDWK ini memberikan dampak positif bagi Kemenag dalam meningkatkan kompetensi. 


"Pelatihan Di Wilayah Kerja ini sangat penting, biasanya BDK Palembang melakukan pemanggilan pelatihan yang diikuti oleh satu atau dua orang perwakilan saja. Tetapi pada hari ini 70 orang pegawai dilingkungan kemenag Kota Lubuklinggau dapat mengikutinya" tuturnya dihadapan peserta pelatihan. 


Ia berharap dalam mengikuti pelatihan analisis jabatan dan beban kerja peserta dapat menganalisis jabatan, tepat dalam menempatkan jabatan dan beban kerja yang sesuai berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan dan dapat menganalisis formasi jabatan yang ideal. 


"Abad 21 ini ASN harus memiliki 4 kecakapan yaitu _Critical Thinking_ (kemampuan berpikir kritis dan mampu membedakan antara fakta n hoax), _Digital Communication_ (kemampuan komunikasi  dengan literasi digital), _Collaboration_ (kemampuan saling bekerjasama tentu dengan teknologi) dan _Creativity_ (kemampuan berkreasi)" pungkasnya. 


Turut hadir dalam pembukaan ini Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Pokjawas PAI, Pengawas PAI, Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Lubuklinggau, Panitia, Widyaiswara BDK Palembang dan 70 orang peserta pelatihan. 


Widyaiswara yang memberikan materi pada PDWK Pembelajaran Tematik MI Angkatan VI adalah Dra. Hodidjah, M.Pd dan Drs. Rudi Hermawan, M.Pd, sedangkan widyaiswara pada PDWK Teknis Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Aan Nopriandi, S.IP, M.Si dan Husnawiyah, S.Pd.I, MM 


Pembukaan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata dari BDK Palembang kepada Kankemenag Kota Lubuklinggau.