Pantau Progres Progres IKM BK, BDK Palembang Sambangi Madrasah di Pagaralam
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 Juni 2023
  • 210x Dilihat
  • Berita

Pantau Progres Progres IKM BK, BDK Palembang Sambangi Madrasah di Pagaralam

Pagaralam (22/06) Tim dari Balai Diklat Keagamaan Palembang mendatangi dua lokasi Komunitas Madrasah yang menjadi Pilot Project Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di Kementerian Agama Kota Pagaralam. 


Selama tiga hari kedepan mulai dari 21 sampai dengan 23 Juni tahun 2023 tim akan melaksanakan monitoring dan evaluasi praktik IKM BK pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri satu dan Madrasah Tsanawiyah satu kota Pagaralam.


Diketuai oleh Dr. Miskiah selaku Widyaiwara didampingi oleh Yevi Grata Putra, S.Kom, Tri Kurnia, SE dan Fian Nur Fajria, A.Md


Monev ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Progres Praktik Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas yang sudah dilaksanakan oleh madrasah komunitas.


Dalam sambutannya Kepala MIN 1 Marhan, M.Pd.I menyatakan bahwa mereka sangat senang atas kedatangan tim dari BDK Palembang. "Saya baru menjabat selama satu Minggu sebagai Kepala Madrasah disini. Kami ingin tim BDK selalu berkomunikasi dengan madrasah kami agar kegiatan implementasi kurikulum merdeka bisa berhasil terlaksana dengan baik" harapnya.


"Komunitas MIN 1 akan menyampaikan progres praktik Implementasi Kurikulum Merdeka, Kami minta tolong kepada Dr. Miskiah mengevaluasi tahapan tahapan yang sudah kami laksanakan apakah sudah benar atau belum dan juga kami minta tolong dokumen dokumen seperti CP, ATP dan Modul Ajar yang baik dan benar" ucap Marhan.


Dalam kesempatan ini Dr. Miskiah selaku Widyaiswara yang mendampingi Komunitas MIN 1 dan MTs 1 menyampaikan "Hari ini kita akan mereview progres dari komunitas, Mulai dari SK Tim, progres dan dokumen Kurikulum Operasional Madrasah, CP, ATP dan Modul Ajar. Untuk MI ada dua Guru Kelas yang wajib ikut dalam SK Tim, yang pertama Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika"


Miskiah menambahkan "Komunitas yang sudah masuk dalam tim wajib memahami dan menguasai tentang Implementasi Kurikulum Merdeka baru kemudian disosialisasikan dan melaksanakan desiminasi ke guru guru dan Madrasah Lainnya, jangan loncat loncat ya Bapak Ibu harus sesuai dengan timeline yang sudah dibuat di awal sehingga setiap minggu ada progres yg jelas" Tegas Miskiah.