Pegawai BDK Palembang Perbaiki Bacaan Alquran Lewat Kelas Tahsin
  • 6 April 2022
  • 237x Dilihat
  • Berita

Pegawai BDK Palembang Perbaiki Bacaan Alquran Lewat Kelas Tahsin

PALEMBANG (4/4) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, BDK Palembang kembali mengadakan rangkaian kegiatan keagamaan rutin di Bulan Ramadhan, salah satunya yaitu  Kelas Tahsin Bacaan Alquran. Kegiatan tersebut digelar di Musholah BDK Palembang secara rutin setiap hari kerja pada waktu dhuha.

Secara bahasa, "tahsin" bermakna "memperbaiki, membaguskan, menghiasi, mempercantik, membuat lebih baik dari sebelumnya" (Kamus Al-Munir, blm. 265).  Mempelajari Alquran adalah bentuk ibadah yang mulia. Salah satu bentuk mempelajarinya adalah dengan cara memperbaiki bacaan Alquran dan memahami hukum-hukum tajwidnya. Berjuang untuk mempelajarinya, meluruskan niat serta mengharapkan pahala dari Allah Subhanawata’ala adalah salah satu motivasi pegawai untuk mengikuti kegiatan ini. Di antara yang bisa dijadikan motivasinya yaitu perkataan Rasulullah Shallalhu’alaiwassalam sebagai berikut:

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Kegiatan belajar tahsin ini  dilaksanakan selama Bulan Ramadhan di Mushola BDK Palembang, dengan pemateri Riduwan, S.Ag., M.Pd.I yang juga salah satu widyaiswara BDK Palembang. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan pegawai BDK Palembang bukan hanya sekedar mahir dalam membaca Alquran melainkan juga diharapkan mampu menghapalnya di kemudian hari dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.