Pelatihan Hisab dan Rukyat di Palembang: Meningkatkan Kompetensi ASN Kementerian Agama
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 25 Maret 2024
  • 34x Dilihat
  • Berita

Pelatihan Hisab dan Rukyat di Palembang: Meningkatkan Kompetensi ASN Kementerian Agama

Palembang (25/3)- Pembukaan pelatihan Hisab dan Rukyat bertempat di MTs 2 kota Palembang yang merupakan rangkaian Pelatihan di wilayah kerja Kementerian Agama kota Palembang yang akan digelar mulai tanggal 25 Maret dan akan berlangsung hingga 30 Maret 2024. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat termasuk Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang, Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Palembang, Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang, Kepala MTs Negeri 2 Palembang, serta Widyaiswara dan panitia penyelenggara.

 

Sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama, Penyuluh Agama Islam, dan Penghulu di lingkungan Kementerian Agama kota Palembang. Peserta akan mendapat pembelajaran dari tenaga pengajar yang terdiri dari Dr. H. Syarif Husain, S.Ag, M.Si, Widyaiswara Ahli Muda Balai Diklat Keagamaan Palembang, dan Pejabat Penyusun Bahan Hisab Rukyat, Wendi Herwanto, S.Ag, M.Si, dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel.

 

Menurut laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Tri Kurnia, SE, tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan para peserta mengenai ilmu hisab dan rukyat. Hal ini diharapkan dapat membuat para peserta lebih matang dalam melaksanakan tugas mereka sebagai ASN yang handal di Kementerian Agama.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Palembang yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama kota Palembang, Drs. H. Abu Bakar, M.Sy, , mengungkapkan pentingnya pelatihan Hisab dan Rukyat bagi para aparatur sipil negara yang bekerja di bidang keagamaan. Menurutnya, pengetahuan tentang ilmu Hisab dan Rukyat sangat diperlukan untuk menentukan awal Ramadan, awal Syawal, serta penentuan arah kiblat.

 

“Untuk memahami Hisab dan Rukyat ini secara mendalam diperlukan ketelatenan sehingga pakar-pakar Hisab Rukyat yang ada di Kota Palembang ini tidak banyak, harapannya nanti akan muncul para pakar ilmu falaq ini untuk kedepannya” ucap Abu Bakar

Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si, selaku Kepala BDK Palembang, menegaskan bahwa pelatihan Hisab dan Rukyat memiliki relevansi yang sangat tinggi dalam meningkatkan kompetensi ASN Kementerian Agama. Dia juga menginformasikan bahwa BDK Palembang telah bertransformasi secara digital dengan memperkenalkan Smart Class Room dan Studio TV bertaraf nasional, Studio El TV, untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan peningkatan kompetensi.

 

“Selain Pelatihan Hisab Rukyat BDK Palembang juga menyediakan Pelatihan Manajemen Kemasjidan, Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren, Pelatihan pengelolaan zakat dan wakaf, sehingga diharapkan BDK Palembang bisa memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada ASN Kemenag dan masyarakat terkait apa yang dibutuhkan oleh masyarakat’, terang Saefudin.

 

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan ilmu Hisab dan Rukyat di lingkungan Kementerian Agama di Kota Palembang.