PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN EDMODO
  • 5 Januari 2021
  • 5700x Dilihat
  • Artikel

PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN EDMODO

PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN EDMODO

 

Oleh:

Sri Sunarti, M.Pd

 

 

Abstrak

Edmodo adalah sebuath platform yang dapat digunakan untuk membuat sebuah kelas online dalam pembelajaran. Dengan Edmodo, guru dapat melakukan pembelajaran secara online, melakukan diskusi online baik dengan siswa maupun orang tua, memberikan latihan atau ujian, mencari materi pelajaran dan menghubungkan dengan sekolah lain. Edmodo dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

Kata Kunci: pembelajaran, online, Edmodo

 

  • Pendahuluan

 

Edmodo merupakan situs yang menawarkan dan memberikan layanan untuk memudahkan dalam pendidikan. Guru dan siswa dapat terhubung melalui kelas virtual. Sehingga dapat melakukan akses kapan saja dan di mana saja. Guru dapat membuat kelas sesuai kehendaknya kemudian memberikan kode kepada siswa yang akan bergabung. Hanya siswa yang diberi akses kode join kelaslah dapat masuk.

Edmodo merupakan salah satu hasil dari sebuah perkembangan teknologi informasi yang membantu dan menyongsong pendidikan abad 21 yang merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan media sosial untuk mendukung sistem pembelajaran online bagi para pegiat pendidikan, seperti guru, siswa, mahasiswa, dosen. Di dalam platform Edmodo ini baik pengajar maupun siswanya dapat saling berinteraksi dengan mudah. Tentu hal ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti pemberian tugas, mengerjakan ujian, kuis, dan masih banyak lagi.

Menurut Putranti (2013) menyatakan bahwa dengan Edmodo ini, guru dapat membantu guru dalam membangun kelas virtual yang sesuai dengan kondisi pembelajaran di kelas, berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana kelas-kelas tersebut terdapat tugas, kuis, dan penugasan di akhir pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo ini, interaksi antara guru dan siswa dalam berkomununikasi dapat dilakukan secara langsung dan tersampaikan dengan baik.

Intinya baik itu seorang pengajar maupun muridnya akan mendapatkan manfaat ketika menggunakan platform ini pembelajaran akan menjadi lebih efisien dan efektif. Bagi seorang pengajar apabila menggunakan platform ini dengan sebaik-baiknya maka sangat mudah sekolah untuk mengelola pembelajaran yang mereka lakukan. Fitur-fitur yang diberikan Edmodo akan membantu kinerja para pengajar ini. Mulai dari pembagian tugas yang bisa menyertakan berbagai resources, penugasan kuis atau ujian yang bisa dilakukan secara online, pengelolaan nilai siswa apabila telah mengumpulkan tugas dan masih banyak lagi.

Bagi siswa Edmodo ini akan membantu mereka untuk lebih disiplin dan kolektif dalam pembelajaran sebab biasanya pemberian tugas yang diberikan oleh pengajar diberikan tenggat waktunya. Bukan hanya fitur-fitur itu saja di Edmodo guru maupun siswa dari satu sekolah dan sekolah lainnya dapat saling berkomunikasi, berdiskusi, dan belajar bersama. Layaknya sosial media bagi para pegiat pendidikan ini Edmodo membantu siswa untuk berkomunikasi dengan siswa lainnya meskipun berbeda daerah bahkan negara. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dimana ada wadah berbagi dan berdiskusi sehingga wawasan yang dimiliki semakin luas.

Edmodo sebelum menjadi sebesar seperti sekarang, dulu dikembangkan oleh dua orang hebat yaitu Nic Borg dan Jeff O’hara. Mereka membuat versi pertama kali dari Edmodo pada akhir 2008 dan Edmodo dalam perkembangannya mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Pada awal 2011 Edmodo mencapai jumlah pengguna sebanyak 1 juta orang. Beberapa bulan kemudian jumlah ini naik drastis mencapai 7 juta pengguna tercatat pada tahun 2015 jumlah Edmodo menjadi 50 juta pengguna. Tidak mengherankan kalau Edmodo sekarang menjadi pemimpin di dunia sebagai jaringan pembelajaran sosial K-12.

 

B. Pembahasan

Edmodo merupakau salah satu situs yang dirancang untuk kegiatan belajar mengajar. Pada saat pembelajaran juga semua telah join ke kelas, dan seolah-olah kita berada dalam ruangan kelas dimana disana kita dapat menemukan guru serta teman-teman sekelas bahkan kita dapat mengirimkan tugas. Pada edmodo ini memiliki beberapa akun