Pendekatan Saintifik dengan Memperhatikan Karakteristik Peserta Didik
  • 24 Maret 2021
  • 718x Dilihat
  • Berita

Pendekatan Saintifik dengan Memperhatikan Karakteristik Peserta Didik

LAMPUNG TIMUR - Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) tentang Pembelajaran Tematik MI Angkatan IX dilaksanakan di Sukadana, Lampung Timur yang dimulai sejak tanggal 22 Maret hingga 27 Maret mendatang. Salah satu pengisi materi pelatihan ini adalah Widyaiswara Ahli Utama dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang, yaitu Dra. Nelly Nurmelly, M.M.

Nelly menyampaikan materi pembelajaran yang berbasis saintifik dengan metode peer teaching dengan menampilkan format pengamatan pelaksanaan pembelajaran, dimana terdapat beberapa aspek yang harus dilaksanakan dalam kegiatan belajar-mengajar kepada seluruh peserta diklat.

Simulasi pembelajaran tematik tersebut memiliki kompetensi melaksanakan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, baik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, maupun intelektual. Melalui indikator peer teaching serta menggunakan RPP yang telah disusun, peserta pun dapat melaksanakan pembelajaran tersebut.

Nelly juga menjelaskan bahwa segala kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di madrasah nantinya diharapkan akan memiliki nilai yang memuaskan pada aspek yang diamati dalam kegiatan belajar-mengajar.