PENDIDIKAM AGAMA DAN  PERILAKU ANTI KORUPSI  BY  Muhamad Soif
  • 1 Desember 2020
  • 313x Dilihat
  • Artikel

PENDIDIKAM AGAMA DAN PERILAKU ANTI KORUPSI BY Muhamad Soif

PENDIDIKAM AGAMA DAN  PERILAKU ANTI KORUPSI

BY

Muhamad Soif

Widyaiswara Muda Balai Diklat Keagamaan Palembang

 

Abstracts

This article discussed about thr role of religion toward the forming of anti-curruption feeling in the society. The methodology  used on this  research is library one, namely comparing among the theories especially al Quran and Hadits with the   performers of corruption. The analysis is emphasized on the verses of Al quran related with prohibition of doing and eating something illegally obtained and the impact of doing that toward perpetrator.

Key words: Agama, Pendidikan dan Korupsi

Pendahuluan

Jika Agama dan pendidikan dimaknai sebagai tuntunan hidup dan pendidikan sebagai alat untuk merealisasikan tujuan hidup, maka dapat dikatakan bahwa agama telah gagal dalam memberikan tuntunan kepada para pengikutnya, atauberkemungkinan pengikut atau pemeluk agama yang gagal dalam memahami ajaran agamanya, kemudian kalau demikian pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan hidup yang dituliskan dalam Al quran tidak berhasil menjalankan peranan pentingnya terutama dalam memahami larangan pelaksanaan korupsi.

Korupsi, di Indonesia, sudah menjadi budaya, menradisi kuat dan mengakar di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan para elit, baik politik, pemerintah dan pelaku birokrasi karena pada sector-sektor ini keuangan terkonsentrasi, sehingga mengakibatkan banyak permasalahan yang terjadi di hampir seluruh sector kehidupan.

Sritua Arief, mengatakan bahwa korupsi menciptakan 4 efek negative yang telah melanda kehidupan sosial ekonomi Pertama,  berkembangnya naluri konsumtif ke seluruh lapisan masyarakat yang ditimbulkan oleh pelemparan uang panas atau pembelanjaan pendapatan gelap (black income) oleh para pelaku korupsi dan demonstration effect yang menyertainya. Kedua,  pengalihan sumber sumber nasional ke luar negeri oleh pelaku korupsi disebabkan adanya   kekhawatiran timbulnya gejolak sosial yang eksplosif di dalam negeri. Ini membuat kemampuan

 

Versi Lengkap Download disini

 /upload/files/PENDIDIKAM%20AGAMA%20DAN%20%20PERILAKU%20ANTI%20KORUPSI.pdf