Pengembangan SDM Kemenag Menuju Smart ASN 2024
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 8 Maret 2023
  • 823x Dilihat
  • Berita

Pengembangan SDM Kemenag Menuju Smart ASN 2024

LUBUK LINGGAU (8/3) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau H. Abdul Harris Putra, S.Ag, M.Pd.I memberikan materi pada Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Teknis Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Pelatihan tersebut digelar oleh BDK Palembang mulai tanggal 6 s.d 11 Maret 2023 mendatang di Kota Lubuk Linggau. 


Materi yang Harris sampaikan bertajuk "Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama Menuju Smart ASN 2024". Smart ASN sendiri merupakan visi presiden dalam membangun SDM dengan percepatan peningkatan kualitas SDM Aparatur. 


Menurut Harris, tujuan pengembangan SDM adalah untuk meningkatkan kemampuan masing-masing individu baik dalam tugas dan tanggungjawab, meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim (organisasi), meningkatkan kolaborasi antara unit yang berbeda, serta meningkatkan kemampuan individu di masa yang akan datang. Pada akhirnya, pengembangan SDM akan dapat meningkatkan kemampuan individu, tim dan seluruh organisasi. 


Pengembangan SDM tersebut didorong dengan pengadaan pelatihan, workshop, bimtek, seminar dan magang. "Oleh karena itu, momen pelatihan ini sangat penting. Maka belajarlah semaksimal mungkin, agar mendapatkan hasil yang maksimal pula," pungkas Harris. 


"Cintailah pekerjaanmu yang merupakan bagian dari amal ibadah kita. Pekerjaan memang susah dan membuat kita lelah, tetapi apabila dijalani dengan rasa cinta, tidak akan terbebani agar menjadi berkah untuk kita semua," pesannya. 


PDWK Teknis Anjab dan ABK diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau.