Pentingnya Evaluasi Pasca Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 1 Maret 2023
  • 389x Dilihat
  • Berita

Pentingnya Evaluasi Pasca Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai

Palembang (1/3), Balai Diklat Keagamaan Palembang kedatangan tamu istimewa dari Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI, H. Achmad Nidjam, S.IP, MM selaku Widyaiswara Ahli Madya dan Ahmad Hendy Trastiyo, S.Sos. dengan jabatan analis Penjaminan Mutu pada Bidang Program dan Pengendalian Mutu.



Kedatangan mereka ke BDK Palembang di sambut baik oleh widyaiswara administrasi Atika Husni Perdina, M.B.A dan Husnawiyah, S.Pd.I, MM didampingi Irma Suryani, SE, Yeni Lesmana Dewi, SE dan Rabiah. 


Tujuan kedatangan mereka adalah untuk melakukan Evaluasi Pasca Pelatihan Teknis Tenaga Administrasi yang sering disingkat EPP. EPP dinilai penting dalam pelaksanaan pelatihan selanjutnya, guna meningkatkan kinerja pegawai dan instansi. 


Nidjam menyampaikan bahwa "Sebuah pelatihan tidak bisa dianggap berhasil hanya karena selesai diselenggarakan, atau karena laporan telah dijilid dengan cover yang bagus. Jika penyelenggara pelatihan hanya berpikir sampai di situ, artinya ada siklus penyelenggaraan yang belum dilihatnya. Di mana pelatihan itu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi" tuturnya. 


"Pelatihan merupakan proses pembelajaran yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku pegawai dalam organisasi. Penyelengaraan pelatihan berpotensi besar untuk meningkatkan kompetensi pegawai agar mereka mampu meningkatkan kinerja" tambahnya. 


"Hasil dan manfaat pelatihan harus sebanding dengan biaya yang dikeluarkan negara dalam pelaksanaannya. Atas dasar inilah dilakukan evaluasi pasca pelatihan" pungkasnya. 


Dalam kunjungannya mereka membawa instrumen EPP yang harus diisi oleh pegawai BDK Palembang khususnya yang telah mengikuti pelatihan. EPP dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 28 Februari s.d 2 Maret 2023 yang dilakukan pada dua titik yaitu UIN Raden Fatah Palembang dan BDK Palembang.