Pentingnya Hablum Minallah dan Hablum Minannas dalam Kehidupan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 11 Mei 2023
  • 2534x Dilihat
  • Berita

Pentingnya Hablum Minallah dan Hablum Minannas dalam Kehidupan

Palembang (11/5), Peserta Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Jabatan Fungsional pada hari keempat pelatihan mendapatkan materi Pembangunan Bidang Agama yang disampaikan oleh Kapus Diklat Tenaga Adminsitrasi Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Dr. Syafi'i, M.Ag. 


Kepada 35 orang peserta ia menyampaikan visi dan misi Kementerian Agama yang merupakan implementasi dari presiden dan wakil untuk membantu presiden mewujudkan visinya. Sesuai dengan bidang Tugas yg diberikan presiden kepada para pimpinan yaitu "Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong" tuturnya 


"Misi kementerian agama ada 6 yaitu Meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, Memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama, Meningkatkan layanan keagamaan yg adil, mudah dan merata, Meningkatkan pemberdayaan dan sumber daya ekonomi keragaman umat, Meningkatkan layanan pendidikan yang bermutu, Memantapkan tata kelola kepemerintahan yg baik" ungkapnya. 


Syafi'i berpesan "Kita harus punya hubungan yang baik antar sesama, vertikal dan sosial. Hablum Minallah dan Hablum Minannas. Semakin tinggi hubungan dengan Tuhannya maka baik juga hubungan sesama manusia. Tuhan memberikan rahmat kepada semua baik benda hidup maupun benda mati". 


"Tidak boleh ada tindakan yang mengatas namakan agama yang dapat merusak kehidupan agar semua terlihat baik. Beragama mengedepankan prinsip-prinsip, adil, jujur, dan menjadi bagian warganegara yg baik. Tidak extrim kanan dan extrim kiri" pesannya.