Pentingnya Materi Tata Naskah Dinas Pada Pelatihan Teknis Peningkatan Kinerja Staf
  • 22 Maret 2021
  • 1160x Dilihat
  • Berita

Pentingnya Materi Tata Naskah Dinas Pada Pelatihan Teknis Peningkatan Kinerja Staf

PESAWARAN - Tata Naskah Dinas (persuratan) sebagai salah satu unsur administrasi meliputi pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas (surat), penggunaan lambang negara , logo dan cap dinas, penggunaan bahasa yang baik dan benar, wewenang penandatanganan, tata surat dan alur surat. Drs.Abu Bakar, MM menyampaikan pentingnya Materi Tata Naskah Dinas (Persuratan) pada 35 peserta Pelatihan Teknis Peningkatan Kinerja Staf di Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran. Pelatihan ini dimulai pada tanggal 15 s.d 20 Maret 2021yang berlokasi di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, dalam penjelasannya Abu mengatakan “maksud dari tata naskah dinas adalah sebagai rujukan atau acuan bagi satuan organisasi/kerja dalam pembuatan dan pengelolaan naskah dinas setiap unit kerja pada Kementerian Agama dan tujuan dari pedoman tata naskah dinas untuk menciptakan kelancaran komunikasi tulis yang efektif dan efesien antar unit kerja pada Kementerian Agama”.

Selanjutnya Drs. Abu Bakar, MM menjelaskan “tata naskah dinas (persuratan) bagi sebuah organisasi adalah manifestasi dari sebuah organisai baik atau tidak karena itu surat adalah garda terdepan bagi masyarakat penerima surat, untuk menilai sebuah organisasi dalam keadaan baik atau buruk”.

Diakhir penjelasan materi, Abu menyampaikan harapannya kepada para peserta agar lebih memperhatikan ketelitian, kejelasan, singkat dan padat, logis dan meyakinkan, pembakuan serta keseragaman bentuk dalam penulisan tata naskah dinas (persuratan).