Pentingnya Membangun Etika dan Kerjasama dalam Kehidupan Birokrasi
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 29 Maret 2024
  • 48x Dilihat
  • Berita

Pentingnya Membangun Etika dan Kerjasama dalam Kehidupan Birokrasi

Palembang (29/3) - Masih bertempat di lapangan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang H. Mukmin, S.H.I, M.Sy, membina apel pagi untuk peserta Orientasi PPPK gelombang ketiga. Dalam suasana penuh semangat, Mukmin membagikan pengalaman dan pelajaran berharga kepada para peserta.

 

"Mengawali dari perjuangan sebagai honorer, kita semua adalah pejuang dan pemenang. Kita bisa sampai sejauh ini bukan karena kecerdasan kita, tapi karena limpahan rahmat dari Allah," kata Mukmin, mengingatkan peserta akan perjalanan panjang yang telah mereka tempuh.

 

Dalam keterlibatannya sebagai ASN, Mukmin menekankan pentingnya menjaga ahlak dan etika. "Ketika kita menjadi ASN, yang paling diperhatikan adalah perilaku dan sikap kita. Itulah yang membuat kita dihormati dan dihargai oleh orang lain," paparnya.

 

Menghadapi dinamika saat ini, Mukmin menyatakan bahwa kerjasama dan keharmonisan sangat diperlukan. "Dalam birokrasi, setiap orang memiliki peran penting. Kita semua satu kesatuan, kita ingin meninggalkan kenangan baik dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Mukmin menyarankan agar peserta mengambil pelajaran dari pemimpin yang berhasil. "Kita harus menjaga hubungan baik, karena kebaikan akan kembali kepada kita. Begitu pula sebaliknya, jika kita berbuat jahat, kejahatan juga akan kembali kepada kita," ungkapnya, mengajak para peserta untuk merenung.

 

Mukmin juga membagikan pandangannya tentang dua kekuatan dalam kehidupan birokrasi, yaitu kekuatan Robbi (kekuatan Ilahi) dan kekuatan lobby (hubungan dan pengaruh). "Menjaga hubungan baik dan membangun kerjasama adalah kunci sukses dalam birokrasi," tuturnya.

 

Dalam penutupan, Mukmin menandai momen terakhir orientasi dengan semangat baru. "Jadikan momentum ini sebagai titik awal untuk membangun hubungan yang baik dan memperkuat kerjasama. Mari bersama-sama kita menjadikan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa dan negara kita," pungkasnya, memberikan inspirasi kepada peserta untuk melangkah ke depan dengan keyakinan dan semangat yang baru.