Pentingnya Penerapan Teknik Analisis Manajeman Untuk Evaluasi Diri Sekolah Pada Madrasah dan Raudlatul Athfal
  • 28 September 2021
  • 329x Dilihat
  • Berita

Pentingnya Penerapan Teknik Analisis Manajeman Untuk Evaluasi Diri Sekolah Pada Madrasah dan Raudlatul Athfal

WAYKANAN (28/9) - Balai Diklat Keagamaan Palembang bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung melaksanakan Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasyah dan Raudlatul Athfal. Pelatihan tersebut dibuka pada Senin (27/9) lalu oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, MH, yang didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan.

Dua orang widyaiswara dari BDK Palembang, yaitu Drs. Basuki, M.Pd dan Riduwan, S.Ag, M.Pd.I serta panitia pelatihan dari BDK Palembang, yaitu Aan Nopriandi, Kamal Maulana dan Tri Kurnia turut hadir di lokasi pembukaan. Pelatihan tersebut diikuti Sebanyak 40 orang peserta yang berlatar belakang Kepala Madrasah dan Raudhatul Athfal Di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan, Lampung Utara, dan Tanggamus.

Salah satu materi yang dibawakan oleh widyaiswara BDK Palembang adalah Analisis Manajeman Untuk Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang disajikan oleh Drs. Basuki, M.Pd. Materi ini bertujuan untuk melatih para kepala madrasah dan raudlatul athfal untuk dapat menerapkan Teknik Analisis Manajemen (TAM). TAM merupakan metode ilmiah dalam merinci dan menilai keadaan lingkungan secara komprehensif guna memperoleh informasi faktor kunci keberhasilan organisasi. Output akhir dari TAM adalah peserta mampu menyusun strategi, program dan kegiatan yang tepat dilakukan. Lewat materi-materi yang diajarkan, peserta pelatihan diharapkan dapat menganalisis teknik analisis manajemen dengan benar.