Perjuangan IKM BK dalam Mencerdaskan Anak Bangsa Masih Panjang
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 6 Juni 2023
  • 146x Dilihat
  • Berita

Perjuangan IKM BK dalam Mencerdaskan Anak Bangsa Masih Panjang

Curup – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong mengadakan diklat yang di selenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Palembang atau yang sering di sebut Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Berbasis Komunitas Angkatan VI yang bertempat di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Senin, 5 Juni 2023. 


Kurikulum Merdeka tidak hanya diikuti guru tetapi juga diikuti oleh pengawas, kepala madrasah, seksi madrasah, para guru serta dosen dari universitas se-kabupaten Rejang Lebong. Hadir dalam kegiatan ini Kakankemenag Rejang Lebong, Kasubag Tata Usaha, Drs. H. Suhardihirol, M.Pd., Panitia dan Widyaiswara IKM dari BDK Palembang, Dr. Marzal, M.Pd. dan Muhammad Abduh, M.Pd.


Kepala Kankemenag Kab. Rejang Lebong, H. Lukman, S.Ag., M.H. mengucapkan selamat datang para Panitia dan Widyaiswara dari kota Palembang di bumi Empat Petulai. “Ini adalah momen yang bagus untuk diikuti, harapan saya para peserta dapat menerima materi dengan baik dan serius.” pesannya. 


Kurikulum merdeka mulai tahun 2022 dari tahap sosialisasi dan di tahun 2024 harus dilaksanakan di setiap madrasah. “Kurikulum Merdeka ini harus di dukung oleh kepala madrasah dan pengawas serta harus ada pengawal yang dihadirkan dari perguruan tinggi berdasarkan komunitas” tambahnya.


Dra. Masyitoh, M.Si. selaku ketua panitia menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan dan berharap semakin menambah wawasan dan keterampilan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tempat tugas masing-masing. ”Narasumber dihadirkan untuk menyatukan persepsi terkait kurikulum merdeka. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh peserta pelatihan. ada tiga tahapan pada pelatihan ini, yaitu MOOC, IST I yaitu yang sedang kita laksanakan dan IST II yang akan dilaksanakan 6 bulan kedepan.” jelasnya.


PDWK ini berjumlah 1 angkatan yang diikuti oleh 36 orang peserta yang berasal dari Kankemenag Kab. Rejang Lebong yang dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 5 s.d 10 Juni 2023.