PERLUNYA PEMBELAJARAN AL-ISLAM PADA SMA
  • 4 September 2020
  • 699x Dilihat
  • Artikel

PERLUNYA PEMBELAJARAN AL-ISLAM PADA SMA

PERLUNYA PEMBELAJARAN AL-ISLAM PADA SMA

OLEH

ABU BAKAR

Widyaiswara

 

PENDAHULUAN

Proses pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan kelas dan evaluasi pembelajaran. Unsur- unsur perencanaan pembelajaran yaitu  analisis pekan efektif, program tahunan dan program semester,  silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan terakhir membuat kriteria ketuntasan minimal.

Sekolah Menengah pada saat itu menerapkan KTSP dengan merujuk salah satunya Keputusan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan menengah Muhammadiyah nomor 55 tahun 2007 tentang standar isi dan standar kelulusan pendidikan al-Islam. Mata pelajaran al-Islam terdiri dari materi al-Qur`an, hadits, akidah, akhlak, fikih, dan tarikh/ kebudayaan Islam. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru al-Islam bervariasi, Cara mengajarkan keimanan, metode ceramah, tanya-jawab atau diskusi, insersi dan mapping method. Eevaluasi dilakukan dalam bentuk tes sumatif dan formatif pada proses belajar mengajar dan dilakukan nontes pada penilaian sikap dan minat siswa.

Faktor pendukung yang mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran berupa kondisi ruang kelas, latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, pengelolaan keuangan sekolah. Sedangkan faktor penghambat penggunaan ruang kelas bersama sekolah lain dalam satu komplek, latar belakang asal pendidikan siswa beragam, siswa belum bisa baca al-Qur`an, kurang menerapkan disiplin. 

Apalagi dewasa ini pendidikan Agama di SMA menjadi wajib hukumnya untuk diajarkan kalau sampai pelajaran agama ini hilang, kita semua masyarakat yang Muslim Indonesia bersalah, camkan itu.

 

PEMBAHASAN

          Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan intraksi antara  guru dan  murid dimana akan diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. (Dimyati dan Mudjiono, Jakarta: 2006, hlm. 3)

Proses pembelajaran juga diartikan sebagai suatu proses terjadinya intraksi antara pelajar, pengajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, yang berlangsung dalam suatu lokasi tertentu dalam jangka satuan waktu tertentu pula (Omar Hamalik, Bandung: 2006, hlm. 162).

Perencanaan pembelajaran meliputi analisis pekan efektif, program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran

Versi Lengkap silakan Download disini /upload/files/website%20September%202020%281%29.pdf